PENGARUH LKS BERBANTUKAN WORD SQUARE MELALUI MODEL NHT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI SISWA
Abstract
This study was aim the influence of word square through NHT model to increase the activity and material mastery of students. This study design were pretest-postest non-equivalent group. The samples were VIIC and VIID selected by cluster random sampling. The data were quantitative and qualitative form. Qualitative data were the descriptions of activities and students questionnaire responses. Quantitative data was the average value of test were analyzed using t-test and U test. The results showed that the activity of working together, giving opinion, giving question, listening discussion, and answering question improved. Material mastery of students was also improve with average N-gain 52,41. So, the word square through NHT model was given influence in increasing the activity and material mastery of students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbantukan word square melalui model NHT terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerjasama, mengajukan pendapat, mengajukan pertanyaan, mendengarkan diskusi dan menjawab pertanyaan mengalami peningkatan. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 52,41. Jadi, pembelajaran menggunakan LKS berbantukan word square melalui model NHT dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa.
Kata kunci: aktivitas, LKS berbantukan word square, model NHT, dan penguasaan materi.
Full Text:
PDFReferences
Arbi, Z. 2006. Penerapan Pembelajaran Tipe Kepala Bernomor Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Konsep Sistem Ekskresi Manusia Pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2005/2006. (Skripsi). FKIP Unila. Bandar Lampung.
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.Jakarta.
_________. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Lie, A. 2008. Cooperative Learning. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia. Jakarta.
Khoerul, E. 2012. Taksonomi Bloom Revisi. http://ekokhoerul.wordpress.com/2012/08/11/taksonomi-bloom-revisi/
(6 Desember; 08:35 WIB).
Prawiradilaga, D.S. 2009. Prinsip Disain Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.
Safarini, F. 2010. Efektivitas Metode Word square Dalam Penguasaan Kosakata Verba Bahasa Jepang. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. http://repository.upi.edu/operator/upload/s_c0551_060339_chapter2.pdf (15 Desember 2012; 22:06 WIB).
Tirtarahardja, A dan La, S. 2008. Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Uno, H.B dan N. Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pailkem : Pembelajaran Akif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Utami, D.T. 2009. Efektivitas Penggunaan LKS Word Square Yang Dikombinasi Gambar Objek Dalam Pembelajaran Materi Klasifikasi Tumbuhan Di SMP 2 Brebes. Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/142 (12 Desember 2012; 10:07 WIB).
Wibowo, D.H. 2010. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Materi Gerak Tumbuhan Di SMP 20 Semarang. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/5030/1/6291_A.pdf (12 Desember 2012; 10:07 WIB).
Wurianingrum, T. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Observasi Yang Divariasikan Dengan LKS Word Square Pada Materi Klasifikasi Hewan Di Smp Negeri 8 Purworejo. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang. http://koleksi.pustakaskripsi.com/dl.php/f=2750.pdf (7 November 2012; 11:35 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.