Identifikasi Hambatan Pembelajaran Biologi dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Pendidik Biologi SMA

Vinika Asmarani, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


The study aim was to identify the obstacle of the biology teachers on implementation of 2013 curriculum. The type of research used was qualitative research with descriptive method. The subject in this research were all the biology teachers which was implemented curriculum 2013. The researcher used tecnique purposive sampling in collected the subject.  Open-ended questionnaire and interview were used to collected the primary data, and for secondary data were collected from teachers education background. Data from ended questionnaire showed that the teachers obstacles were classified in the low criteria that was 75% and classified sufficient that was 40% from open interwied teachers responded. The result showed that the obstacles from the planning aspect was composed lesson plan, the implemantation aspect was matched the method and model with the core competence and assesment aspect was psychomotoric assesment in composed assesment instrument.  

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan pendidik biologi SMA Negeri se-Kotamadya Bandar Lampung dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif  dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pendidik biologi di sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh dari angket tertutup dan angket semi terbuka serta wawancara tanggapan guru yang dianalisis dengan kriteria deskriptif kualitatif, sedangkan data sekunder diperoleh dari data latar belakang pendidikan guru. Hasil angket tertutup menunjukkan hambatan yang dialami oleh pendidik tergolong dalam kriteria hambatan rendah dengan persentase di atas 75% sedangkan hasil angket semi terbuka tanggapan guru tergolong cukup menghambat dengan persentase di atas 40%. Hambatan yang utama pada aspek perencanaan adalah penyusunan RPP, hambatan utama pada aspek pelaksanaan adalah sulit menentukan metode dan model yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dan hambatan utama pada aspek penilaian adalah penilaian psikomotorik dalam menyusun instrumen penilaian.

 

Kata kunci: hambatan, pelaksanaan Kurikulum 2013, pendidik biologi


Full Text:

PDF

References


Aeni, U; Chandra, E; dan Muspiroh, N. 2016. Identifikasi Kesulitan Guru Biologi dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Susukan Cirebon. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains. 5 (2). 165-174. (Online), (http:// syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/975, di akses pada tanggal 3 Mei 2018).

Barizi, A dan Muhammad, I. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Cahyono, K. 2017. Identifikasi Ke-sulitan Guru IPA dalam Merencanakan dan Melaksakan Asesmen. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. 33 hlm.

Djamarah, S dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud Nomor 69 Tentang Kerangka Dasar Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia.

Maryam, S. 2014. Penerapan Penilai-an Otentik dalam Pem-belajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Masruroh. 2014. Pelaksanaan Pe-nilaian Autentik dalam Pem-belajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri Muntilan, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kali-jaga Yogyakarta.

Mayang, A. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru Ipa dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajran 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ke-guruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Su-rakarta.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pem-belajaran Kreatif dan Me-nyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda-karya.

Purwandari, A. 2014. Penilaian Au-tentik pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru kelas IV Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (2). 36-42. (Online), (journal.

upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/download/537/492, di akses pada tanggal 2 Mei 2018).

Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES Press.

Suharno. 2014. Implementasi Pembe-lajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulung-agung. Jurnal Humanity. 10 (1) : 147-157. (Online), (http:// ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/viewFile/2467/2672, diakses pada tanggal 5 Mei 2018).

Sumitro. 2001. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Waybin, E. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.