Identifikasi Kearifan Lokal di Sungai Musi Provinsi Sumatera Selatan sebagai Sumber Belajar IPA SMP/MTs

Bella Anjelia, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research was a descripttive research that aimed to identify the local wisdom that can be used as learning resource of science in junior high school. The subjects of this research were 10 teachers by using purpossive sampling and 421 students by using clustered sampling. The data collection technique was used triangulation, analyzed by descriptively. The results showed that local wisdom can be used as learning source that were non-standart measurement, classification of typical fishes and plants, river management (Grade VII), typical dance movements analyzed in motion system, natural additive, analysis the concept of waves on the musical instrument of Gambus and Sahilin guitar (Grade VIII), the utilization of typical fish and durian in conventional biotechnology and the way in treating swamplands (Grade IX). In conclusion, there were 18 local wisdom can be used as a learning resource science in junior high school. 

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA. Subyek penelitian yaitu 10 guru dengan menggunakan purpossive sampling dan 421 siswa dengan clustered sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kearifan lokal yang dapat dijadikan sumber belajar yaitu, pengukuran tidak baku, klasifikasi ikan dan tumbuhan khas, pengelolaan sungai Musi (Kelas VII), ragam gerak tarian yang dianalisis dalam sistem gerak, penggunaan zat aditif alami, analisis konsep gelombang pada alat musik gambus dan gitar sahilin (Kelas VIII), pemanfaatan ikan khas dan buah durian dalam bioteknologi konvensional dan cara dalam mengolah tanah rawa (Kelas IX). Kesimpulannya, terdapat sebanyak 18 kearifan lokal yang sesuai untuk dijadikan sumber belajar IPA SMP.

 

Kata kunci: IPA, kearifan lokal, sumber belajar 

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K., Amri, S., dan Elisah, T. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Azizahwati, Zuhdi, M., Ruhizan, M. Y., dan Ema, Y. 2015. Pe-ngembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, 70-73. (Online), (http:// hfi-diyjateng.or.id/makalah /pengembangan-modul-pembelajaran-fisika-sma-berbasis-kearifan-lokal-untuk-meningkatkan-hasil, diakses tanggal 6 November 2017).

Badan Satuan Nasional Pendidikan (BSNP). 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Mene-ngah. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/wp-content-/uploads/2009/06/ Permendikbud_Tahun2016_Nomor021_Lampiran.pdf, diakses tanggal 27 Januari 2018).

Dewi, A.D.R., dan Wahono, H.S. 2013. Making of Banana Lempok (Study on Banana Varieties And Honey Concen-tration). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 1 (1): 101-114. (Online), (http://jpa.ub.ac.id/in dex.php/jpa/article/ viewFile/10/14. diakses pada tanggal 22 September 2017).

Ditya, Y. C., Aroef, H. R., Syarifah, N., dan Ngurah, N. W. 2009. Peranan Lebung sebagai Sumber Ekonomi bagi Nela-yan dan sarana Pengelolaan Sumber Daya Ikan Rawa Banjiran di Sumatera Selatan. J. Sosek KP, 8 (1): 39-47. (Online), (http://perpustakaan. unitomo.ac.id/repository/ 2compressPdf.pdf, diakses tanggal 4 Januari 2018).

Eddy, S. 2013. Inventarisasi dan Identifikasi Jenis-Jenis Ikan saat Pasang Surut di Perairan Sungai Musi Kota Palmbang. Seminar Nasional Sains & Teknologi V Lembaga Penelitian Universitas Lampung. 429-436. (Online), (http://repo sitory.lppm. unila.ac.id/5383/, diakses tanggal 4 Januari 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.