Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry

Selvina Annis Fajriani, Neni Hasnunidah, Berti Yolida

Abstract


This study aims to describe the validity and practicality of the guiding book of human digestive system with ADI model. Research and development (R&D) using 4-D model, ranging from define, design, development, and disseminate, but in this research the step was only until development step. The developed product was made with attractive cover, Century letter with size 12 that has been EYD compliant. The guides consist of student identities, theoretical base, objectives, questions, tools, materials, work steps, argumentation schemes, argument sessions, and reports. Expert and practitioner validation results showed that the valid category was excellent. The results of legibility test by learners obtained category excellent. The results of the implementation test of all the practicum procedures was practical with criteria almost all activities performed. Thus, it can be concluded that the developed product was valid and practical.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penuntun praktikum sistem pencernaan pada manusia dengan model ADI yang valid dan praktis. Desain penelitian pengembangan (R & D) yang digunakan berdasarkan model 4-D, mulai dari define, design, develop, dan disseminate, tetapi yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Buku penuntun praktikum yang dikembangkan dibuat dengan sampul yang menarik dan huruf Century ukuran 12 yang telah sesuai EYD. Lembar kerja praktikum terdiri dari identitas siswa, dasar teori, tujuan, pertanyaan, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan kategori “sangat baik”. Uji keterbacaan memperoleh kategori “sangat baik”. Hasil uji keterlaksaan praktikum adalah praktis dengan kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan praktis.

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, sistem pencernaan pada manusia


Full Text:

PDF

References


Andriani, Y., dan Riandi. 2015. Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument-Driven Inquiry pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelas VII. EDUSAINS. 7 (2): 114-120. (Online), (http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains, diakses 26 Februari 2017).

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Demircioglu, T. dan S. Ucar. 2012. Investigating The Effect of Argument-Driven Inquiry In Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory & Practice. 15 (1): 267-283.

Erduran, S., Simon, dan Osbore, J. 2004. Taping Into Argumen-tation: Developments In The Application Of Toulmin’s Argument Pattern For Studying Science Discourse. Science Education. 88: 915-933. (Online), (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/sce.20012, diakses 26 Februari 2017).

Gooch, D. L. 2012. Research, Devolepment, and Validation of School Leader’s Resource Guide for The Facilitation of Social Media Use by School Staff. Disertasi. Manhattan: Kansas State University.

Handayani, Farida, dan Anhar. 2014. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMP Kelas VII Semester II. Jurnal Pendidikan Biologi Kolaboratif PPS UNP. 1 (3): 69-76.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Kemampuan Akademik Terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Khusnayain, A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah. Tesis. Lampung: Universitas Lampung.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Ni’mah, H. I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Putri, A. M. K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Riduwan, M.B.A. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Salirawati, D., A. W. Subiantoro, dan Pujianto. 2011. Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Artikel Jurnal INOTEK.15 (1): 97-108. (Online), (https://Jurnal.UniversitasNegeriYogyakarta.ac.id, diakses 16 Februari 2017).

Sampson, V. dan L. Gleim. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472.

Sudjana, N. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Childern Source Book. Bloomington: Center for Inovation on Teaching the Handicapped. (Online), (http://files.eric.ed.gov, diakses 10 Agustus 2017).

Waluyo, M. E., dan Parmin. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Unnes Science Education Jurnal. 3 (3): 677-684. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/usej/4286, dikases 15 November 2017).

Zainuddin, M. 2001. Praktikum. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.