Identifikasi Kesulitan Guru IPA dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen

Putri Janati, Rini Rita T. Marpaung, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This study aims was to described the junior high school science teachers difficulties in planning and implementing assessment in Kecamatan Tulang Bawang Tengah and Tumijajar. The subjects of this research were 32 teachers that was taken by total sampling technique. Qualitative research data were collected by questionnaire and interviews, and analyzed by desciptive persentage through Milles-Huberman technique model. The result showed that science teachers difficulty in assessment planning include moderate categorywith percentage 36,9%.Science teachers difficulty in assessment implementing had moderate category with percentage 33,7%, with low difficulty in indicator implementation of assessment on cognitive domain (21,6%), moderate difficulty in implementation of assessment on affective (39,6%) and psychomotor domains (39,9%). It can be concluded that the difficulties of science teachers in junior high school in Kecamatan Tulang Bawang Tengah and Tumijajar in assessment planning and implementing including moderate category.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan guru IPA SMP Negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tumijajar dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Subjek penelitian sebanyak 32 guru yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data penelitian berupa data kualitatif, dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif persentase melalui Model Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan guru IPA dalam merencanakan asesmen termasuk kategori cukup dengan persentase 36,9%. Kesulitan guru IPA dalam melaksanakan asesmen tergolong kategori cukupdengan persentase 33,7%, kesulitan berkategori rendah (21,6%) ditemukan pada indikator pelaksanaan asesmen ranah kognitif, sedangkankesulitan berkategori cukup ditemukan pada pelaksanaan asesmen ranah afektif (39,6%) danpsikomotor (39,9%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesulitan guru IPA SMP negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tumijajar dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen termasuk kategori cukup.

Kata kunci : asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan


Full Text:

PDF

References


Ayuriyanti, S.D. 2015. Hambatan Guru Dalam Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian Pembelajaran Kompetensi Keahlian Multimedia pada Penerapan Kurikulum 2013 Di SMK se Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogya-karta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Enggarwati, N. S. 2015. Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (12) : 1-8. (Online). (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1141/1013 diakses tanggal 22 Maret 2017 pukul 14:13 WIB)

Gallo, A.M, D. Sheehy, K. Patton, dan L. Griffin. 2006. Assessment Benefits and Barriers- What Are You Committed To?. Journal of Physycal Education, Recreation and Dance. 77 (8): 46-50. (Online). (https://files.eric.ed.gov/fulltext/ diakses tanggal 14 Oktober 2016 pukul 19:31 WIB)

Hamiyah, N. dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kunandar. 2014. Penialian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Kurebwa, M dan L.T. Nyaruwata,. 2013. Assessment Challenges in the Primary Schools: A Case of Gweru Urban Schools. Greener Journal of Educational Research. 3 (7) : 336-344. (Online). (http://gjournals.org/GJER/GJER%2520PDF/2013/September/051413610%2520Kurebwa%2520and%2520Nyaruwata diakses tanggal 14 Oktober 2016 pukul 19:32 WIB)

Murniasih, L., I. W. Subagia, dan I. B. N. Sudria. 2013. Pengelolaan Pembelajaran IPA: Studi Kasus pada SMP di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. 4 (1): 1-13. (Online). (http://neliti.com/id/publications/76241/potret-pengelolaan-pembelajaran-ipa-studi-kasus-di-daerah-terdepan-terluar-dan diakses tanggal 12 Desember 2017 pukul 20:09 WIB)

Ningsih, N. 2012. Hambatan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Jurnal Citizenship. 1 (2) : 123-132 (Online). (http://jogjapress.com/index.php/Citizenship/article/view diakses tanggal 14 Oktober 2016 pu-kul 19:26 WIB)

Ningsih, U. dan Sumardi. 2014. Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1 (1): 1-12. (Online). (http://eprints.ums.ac.id/31134/ diakses tanggal 10 Januari 2018 pukul 15:43 WIB)

Ruslan, T. Fauziah , dan T. Alawiyah. 2016. Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (1): 147-157.(Online). (http://media.neliti.com/media/publications/188254-ID-kendala-guru-dalam-menerapkan-penilaian diakses tanggal 12 Desember 2017 pukul 20:12 WIB)

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulaeman, A.A. 2016. Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelompok Kompetensi F: Proses Penilaian dan Hasil Belajar. Jakarta: PPPPTK IPA Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sulaeman, A.A. 2016a. Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kelompok Kom-petensi G, Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK IPA Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Supriyadi. 2013. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu.

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2017. Panduan Penulisan Soal 2017 SD/Mi. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Wisudawati, A.W. dan E. Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhera, Y., Habibah, dan Mislinawati. 2017. Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2 (1): 73-87. (Online). (http://etd.unsyiah.ac.id/index.php diakses tanggal 10 Januari 2018 pukul 22:34 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.