Analisis Kesesuaian Materi Bakteri pada Buku Teks dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Sri Utami, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study aims to describe the level of conformity of bacteria materials in Biology textbooks of High School Grade X with basic competence Curriculum 2013 reviewed in terms of breadth and depth of the material. This research was a qualitative research by using documentation study. The object of this research was A book published by Erlangga and B book published by Yrama Widya. Suitability data obtained from the analysis of bacterial material in textbooks, then analyzed descriptively qualitative. The results showed that the level of the suitability of bacteria material with basic competence of Curriculum 2013 in A book categorized as "appropriate" with 80% in terms of the breadth of material, while viewed from the aspect of material depth categorized as "less appropriate" with 57.2%. While in B book categorized as "appropriate" with 80% in terms of the breadth of material, while viewed from the aspect of material depth categorized as "less appropriate" with 57.4%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi bakteri pada buku teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi dokumentasi. Objek penelitian ini adalah buku A diterbitkan oleh Erlangga dan buku B diterbitkan oleh Yrama Widya. Data kesesuaian diperoleh dari hasil analisis materi bakteri pada buku teks, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi bakteri dengan KD Kurikulum 2013 pada buku A berkategori sesuai dengan persentase 80% ditinjau dari aspek keluasan materi, sedangkan ditinjau dari aspek kedalaman materi berkategori cukup sesuai dengan persentase 57.2%. Sementara pada buku B ditinjau dari aspek keluasan materi berkategori sesuai dengan persentase 80%, sedangkan ditinjau dari aspek kedalaman materi berkategori cukup sesuai dengan persentase 57.4%.

Kata kunci : buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, tingkat kesesuaian


Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A. 2007. Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan Berfikir Peserta Didik SMA. Jurnal Forum Kependidikan. 26(2): 71-80. (Online), (https://scholar.google.com/scholar?q=related:79CxrmJ.com/, diakses 17 Juli 2017).

Afriani,B. S. 2016. Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. 3 (1): 1-11.(Online), (http://jsp.unh.ac.id/2018/, diakses 17 Juli 2017).

Amanah. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Ekosistem Buku Teks Biologi SMA dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi. Bandarlampung: Unila.

Asih, R. H. 2015. Analisis Kesesuaian antara Materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2017. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Djelita. 2013. Pemilihan dan Pengem-bangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 5(1): 1-8. (Online), (https://anzdoc.com/pemilihan-dan-pengembangan-bahan-ajar-mata-pelajaran-pendidi/.html, diakses 17 Juli 2017).

Eliyana, D. 2010. Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMAN 9 Yogyakarta terhadap Standar Isi. Skripsi. Yoyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Farisi, M. I. 2012. Buku Teks Sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru IV. Tangerang: Universitas Terbuka.

Handoko, R. dan Sipahutar. 2016. Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan. 4(1). 39-47. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/5064/, diakses 13 Juli 2017).

Iskandar, dkk. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2): 137-143. (Online), (http://download.portal garuda.org, diakses 13 Juli 2017).

Mulyani, S. S. 2013. Analisis Kedalaman dan Keluasan Materi pada Buku Teks SMP dan SMA Mengenai Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyasa, H. E. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muslich, M. 2010. Teextbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pujiyanto, S. dan Rejeki, S. F. 2016. Menjelajah Dunia Biologi 1. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Ranuwihardjo, S. 1993. Kurikulum untuk Abad ke-21. Jakarta: Grasindo.

Sariono. 2013. Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 3(1): 1-9. (Online), (http://www.sciepub.com/reference/221008, diakses 11 Juli 2017).

Tarigan, H. G. 2009. Pengkajian Pragmatik. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.