ANALISIS KESESUAIAN MATERI JAMUR PADA BUKU BIOLOGI DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

Amilil Hudi, Tri Jalmo, Arwin Surbakti

Abstract


This study aims to describe the level of conformity of fungi material on Biology textbook of high school class X from the aspect of breadth and depth of material. The sample of this study was A book which published by Erlangga and B book which published by Yrama Widya. Data was collected from documentation technique, through content analysis ontextbook. The data of this study were suitability material of fungi intextbookthatwerereviewed from breadth and depth that were analyzed by qualitative descriptive.The result of this research shows that conformity level of fungiin A book from the aspect of breadth and depth of material were categorized "very suitable" with 100% and 94,44%. Meanwhile, in B book from the aspect of breadth and depth of materials were categorized "appropriate" with 77.78% and 79.63%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi Jamur pada buku teks Biologi SMA kelas X dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Sampel penelitian ini adalah buku A yang diterbitkan oleh Erlangga dan buku B yang diterbitkan oleh Yrama Widya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, melalui analisis isi (konten) pada buku teks. Data penelitian ini berupa kesesuaian materi jamur pada buku teks ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi pada buku A dari aspek keluasan dan kedalaman materi sama-sama memperoleh kategori sangat sesuai dengan persentase 100% dan 94,44%. Sementara, pada buku B dari aspek keluasan dan kedalaman materi sama-sama memperoleh kategori sesuai dengan persentase 77,78% dan 79,63%. Dengan demikian, buku teks Biologi SMA kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga dan Yrama Widya dapat dijadikan buku pegangan wajib bagi siswa untuk materi pada Jamur.

Kata kunci: buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, tingkat kesesuaian


Full Text:

PDF

References


Amanah. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Ekosistem Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi . Bandarlampung: Unila.

Djelita. R.D.P. 2013. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 5(1): 1-8 (Online), (http://andzoc.com/pemilihan-dan-pengembangan-bahan-ajar-mata-pelajaran-pendidikan.html, diakses 10 juli 2017).

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI, dan SDLB. Jakarta: BSNP.

Farisi, M. I. 2012. Buku Teks Sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Jurnal. 583-586 (Online), (http://utsurabaya.file.wordpress.com/2012/12/ting-iv.pdf, diakses 24 Januari 2017).

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kinanti, A. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Buku Ajar PPKn SMA Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum 2017. 562-570 (Onlie), (http://journal.student.uny.ac.id, diakses 17 Desember 2017).

Mulyani, S. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 perubahan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pujianto, S. dan Rezeki S.F. 2016. Menjelajah Dunia Biologi. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sitepu, MA. 2014. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Posdakarya.

Syuhada, A. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Klasifikasi Hewan Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi. Lampung: Unila.

Tarigan, H.G & Tarigan, D. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20. 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yusmium, I. 2015. Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.