Analisis Kesesuaian Materi Protista pada Buku Teks dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013
Abstract
This study aims to describe the conformity level of protist material on Biology textbook of high school class X with basic competence of 2013 curriculum from aspect of material breadth and depth. This study using descriptive design. The book sample used was book A published by Erlangga and book B published by Yrama Widya. The data in this study was the suitability of protist material on textbook based on the aspect of material breadth and depth. Data were collected using documentation studies through content analysis of the book. The result of this study showed that the conformity level of protist material with the basic competence of 2013 curriculum on A book was evaluated from the breadth aspect of material that was categorized "very appropriate" with 93.3%, while B book was categorized "appropriate" with 80% and for depth aspect of material on A book categorized "very appropriate" with 86.5%, while B book was categorized "appropriate" with 65.2%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi protista pada buku teks Biologi SMA kelas X dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel buku yang digunakan adalah buku A diterbitkan oleh Erlangga dan buku B diterbitkan oleh Yrama Widya. Data dalam penelitian berupa kesesuaian materi protista pada buku teks berdasarkan aspek keluasan dan kedalaman materi. Data dikumpulkan menggunakan studi dokumentasi melalui analisis isi (konten) buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian materi protista dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 ditinjau dari aspek keluasan materi pada buku A berkategori sangat sesuai dengan presentase 93,3%, sedangkan buku B berkategori sesuai dengan presentase 80% dan ditinjau dari aspek kedalaman materi pada buku A berkategori sangat sesuai dengan presentase 86,5%, sedangkan buku B berkategori sesuai dengan presentase 65,2%.
Kata kunci: buku teks, kedalaman materi, keluasan materi, tingkat kesesuaian
Full Text:
PDFReferences
Banowati, E. 2007. Buku Teks dalam Pembelajaran di Kota Semarang. Jurnal Geografi. 4(2): 147-158. (Online), (https://journal.unnes.ac. id/artikel_nju/JG/106, diakses 17 Maret 2017).
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Djelita, R.D. 2013. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya .5(1): 1-8. (Online), (http://andzoc.com/ pemilihan-dan-pengembangan-bahan-ajar-mata-pelajaran-pendidikan.html, diakses 6 Juli 2017).
Farisi, M.I. 2012. Buku Teks sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru IV. Tangerang: Universitas Terbuka.
Muslich, M. 2009. Textbook Writing. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Mulyani, S.S. 2013. Analisis Kedalaman dan Keluasan Materi pada Buku Teks Biologi SMP dan SMA Mengenai konsep Sistem Pencernaan Makanan. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Pujiyanto, S. dan Rejeki S.F. 2016. Menjelajah Dunia Biologi untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: Tiga Serangkai.
Semiawan, A. 2007. Sumber Daya Manusia Berbasis Teknologi. (Online), (http://www.pati.or.id/ opini_files/Page512.htm, diakses 15 Maret 2017).
Sholeh, K. 2006. Relevansi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia 1 untuk SMK/MAK Kelas X Terbitan Depdiknas dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Skripsi. Purworejo:FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Siagian, B.A. 2016. Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. 3(1): 77-87. (Online), (http://jsp.unh.ac.id/ 2018/, diakses 20 Januari 2018).
Sitepu, B.P. 2005. Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 4(4): 113-126. (Online), (http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.1131 26%20M, diakses 5 Mei 2017).
Sukmadinata, N.S. 2006. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutedjo. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. (Online), (http:// tedjo21.files.wordpress.com/2009/09/pengembanganmateriajarlpp-maret-2088.pdf, diakses 14 Februari 2018).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.