Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Ekosistem Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Nia Agniati Nisa, Arwin Surbakti, Berti Yolida

Abstract


The aims of this study were to determine the value of significance, level of correlation, direction of correlation, and contribution of knowledge about the ecosystem to the attitude of environmental care. The research design was correlational study. The research subjects were 62 students of XI grade of Senior High School 4 Metro that were determined by cluster random sampling technique. The instruments were tests and questionnaires. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed that: (1) The knowledge with the attitude have a significant correlation with the Sig. value 0,000 (p < 0,05); (2) The correlation between knowledge with attitude has moderate level of correlation with R value 0,469; (3) The knowledge with attitude had positive correlation with the regression line equation that was 63,693 + 0,225X; and (4) The contribution of the knowledge to the attitude was 22 %.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai signifikansi, keeratan hubungan, arah hubungan, dan kontribusi pengetahuan tentang ekosistem terhadap sikap peduli lingkungan. Desain penelitian menggunakan desain korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Metro sebanyak 62 siswa yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Data berupa skor dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan dengan sikap memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000 (p < 0,05); (2) Hubungan antara pengetahuan dengan sikap memiliki tingkat keeratan yang sedang dengan nilai R sebesar 0,469; (3) Pengetahuan dengan sikap memiliki arah hubungan yang positif dengan persamaan regresi yaitu 63,693 + 0,225X; dan (4) Kontribusi pengetahuan terhadap sikap sebesar 22%.

Kata kunci: pengetahuan ekosistem, sikap peduli lingkungan, siswa



Full Text:

PDF

References


Anderson dan Krathwohl. 2001. Taxonomy for Laerning: A Revision of Blooms Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Arbuthnott, K.D. 2009. Education for Sustainable Development Beyond Attitude Change. International Journal of Sustainability in Higher Education. 10 (2): 152-163.

Azhar. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Barkatullah, H. 2006. Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Ekosistem dengan Sikap Siswa dalam Konservasi Sumber Daya Alam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Frankel, J.P. & Wallen N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Gunamantha, I. 2010. Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hakim. 2016. Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan Berintegrasi Nilai Islam terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X MA Thoriqotul Ulum Tlogoharum Pati. Semarang: UIN Walisongo.

Hines, H. 1987. Analysis and Synthesis of Research on Responsible Enviromental Behaviour; A Meta Analysis. Journal of Enviromental Educational. 18 (2): 1-8.

Hutagulung, I. 2007. Pengembangan Kepribadian. Bekasi: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.

Kaiser, F. G., Wolfing, S., dan Fuhrer., U. 1999. Enviromental Attitude and Ecological Behaviour. Journal of Enviromental Psychology. 19 (1): 1-19.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. 2010. Kesepakatan Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional No.03/MENLH/02/2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Landriany, E. 2014. Impementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Mustakim. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.

Notoatmodjo, S. 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pokja Sanitasi Kota Metro. 2013. Draff Strategi Sanitasi Kota (SSK) Kota Metro Bab 2. Kota Metro: Pemerintahan Kota Metro.

Saputro, D. 2016. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup, Tingkat Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Subagyo, J. 2002. Hukum Lingkungan: Masalah dan Penanggulangannya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Weaver, A.A. 2002. Determinants of Enviromental Attitude. International Journal of Sosiology. 32 (1): 77-108.

Widhiarso, W. 2011. Adjusted R Square pada SPSS. (Online), (http:// widhiarso.staff.ugm.ac.id, diakses 7 Februari 2018).

Widodo, A. 2006. Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Bandung: Buletin Puspendik UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.