Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII

Nala Rahmawati, Arwin Surbakti, Berti Yolida

Abstract


The aims of this study was to determine the significance correlation between the contribution of environment knowledge and environmental care attitude. The design of this research was correlational study. The subjects of this study were 106 students of VIII grade of Junior High School 7 Metro was determined by cluster random sampling technique. Data were environment knowledge and data of environmental care attitude that was taken using multiplechoice and questionnaire. Data analysis technique used was simple linear regression. The result showed that (1) there was a positif correlation between the environment knowledge and environmental care attitude the direction of the correlation between the knowledge with the attitude was positive which was shown through the regression line equation, that was 67,69 + 0,29X; and (2) there was no strong contribution from the knowledge to the attitudes that shown by the coefficient of determination, which was 25%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 7 Metroberjumlah 106 siswa yang dipilih secara cluster random sampling. Data pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan siswa diperoleh dari instrumen soal dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi Y = 67,69 + 0,29X. (2) tidak ada kontribusi yang kuat dari pengetahuan terhadap sikap yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi, yaitu sebesar 25%.

Kata kunci: pengetahuan lingkungan, sikap, siswa


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2004. Pengantar Hukum Lingkungan Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ahmad, A. 2010. Pengetahuan Lingkungan. Lampung: UNILA.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2005. Sikap Manusi Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chiras, D. 1991. Enviromental Science, action for a sutainable future. California Cumming Publishing company inc.

Dwijoseputro, D. 1990. Dasar Dasar Mikrobiologi. Yogyakarta: Djambutan.

Frankel, J.P. & Wallen N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. (Online), (http:// www.semesta-fisika.com/HOW% 20TO%20DESIGN%20AND%20EVALUATE%20RESEARCH%20IN%20EDUCATION%20by%20Fraenkell-Wallen.pdf), diakses 24 Juni 2017.

Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingkungan Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup. 2010. Kesepakatan Bersama Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Meteri Pendidikan Nasional No.03 /MENLH//02/ 2010 tentang Pendidikan Lingkungan Hidup. Kementrian Negara Lingkungan Hidup.

Lorbach, A.W. 2002. The Learning cycle as a tool for planning Science Instruction. (Online), (http://www.ceo.ilstu.edu/Science/lorbach/257lrcv.html diakses 29 Juni 2017).

Montaku. 2012. The Model of Analytical Thinking Skill Training Process. Reseach journal of Sciences applied. 7(1): 17-22. (Online) (http://www.repository. ump.ac.id.diakses 20 Januari 2018)

Notoatmodjo, S. 1996. Pendidikan dan Perilaku Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Nurhayati. 2007. Meningkatkan Masalah Lingkungan ke Media Massa. Jakarta: Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS).

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup. 2013. Permen LH No. 5 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta: Permen LH Republik Indonesia.

Rososoedarmo, R. 1993. Pengantar Ekologi. Bandung: Remadja Karya.

Saputro. 2010. Manusia, Alam dan Lingkungan. Jakarta: Depdikbud.

Subagyo, J. 2002. Hukum Lingkungan : Masalah dan Penanggulangan-nya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soerjani. 1987. Peran Manusia dalam Lingkungan. Jakarta: Renika Cipta.

Supeni. 2016. Hubugan Pengetahuan Lingkungan Hidup, Tingkat Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal GeoEco. 2(2): 128-136. (Online) (https://jurnal.uns.ac. id, diakses 12 Desember 2017).

Supardi, I. 2003. Kimia dan Pencemaran Lingkungan. Bandung: Alumni.

Surna, N.I., dan Panderiot, O.D. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Umar, R. 2016. Paradigma Lingkungan Guru (Studi Hubungan antara Kecerdasan Naturalis, Locus of Control, dan Pengetahuan tentang Ekosistem dengan Paradigma Lingkungan). Jurnal Fakultas Teknik Universitas Veteran Republik Indonesia Makasar. Indonesian journal of Enviromental Education and Management. 1(1): 74-90. (Online) (http://jurnal unj.ac.id. diakses 20 Januari 2018).

Yusuf, S. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.