Hubungan antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan
Abstract
The design of this research was descriptive correlational study and the research samples were students from grade VIII SMP N 5 Natar. The sampling techinique used in this research was purposive.The purpose of this study was to know the relation between knowledge of environment pollution and environmental care attitude. This research instrument used testmultiple choice tests of environment pollution knowledge and environmental care attitude questionnaire. The results of data analysis of environmental pollution knowledge of the students was high category, care attitude was good category. The relation between knowledge and attitudes in this research indicates that the data obtained indicating a positive. Best on the result, there was positive relationship between knowledge and attitude that was 21%. It can be concluded there was a positive and significant relation between knowledge of environment pollution and environmental care attitude on students grade VIII of SMP N 5 Natar.
Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Natar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes pilihan jamak tentang pengetahuan pencemaran lingkungan dan kuisioner sikap peduli lingkungan. Hasil analisis data pengetahuan pencemaran lingkungan siswa rata-rata termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan hasil analisis tentang sikap peduli lingkungan bahwa rata-rata termasuk kedalam kategori baik. Hubungan antara pengetahuan dan sikap pada penelitian ini menujukkan bahwa hasil yang diperoleh menunjukan nilai positif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan dengan sikap sebesar 21%. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Natar.
Kata kunci: pengetahuan, pencemaran lingkungan, sikap peduli lingkungan.
Full Text:
PDFReferences
Adisendjaja, H. Y, dan Romlah, O. 2008. Pembelajran pendidikan lingkungan hidup belajar dari alam dan pengalaman. Bandung: UPI. (Online), (http://jurnal.unmuhjember.ac.d). Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.
Anna, C. 2016. Hubungan Antara Kecer-dasan Naturalis Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas III SD Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman. Skripsi. Yogya-karta: UNY. (Online), (http://journal. student .uny.ac.id). diakses pada tanggal 18 Februari 2018.
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. 2016. Sikap Manusia (teori dan pengukurannya). Yogyakarta: Pustaka belajar.
Barakatullah, H. 2006. Hubungan An-tara Pengetahuan Tentang Ekosistem Dengan Sikap Siswa Dalam Konservasi SDA Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri. (Online), (http://reposity.uinjkt-ac.id). Diakses pada tanggal 16 Februari 2018.
Darmawan, D. dan Fadjarajani, S. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dan Perilaku Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Geografi, 4 (1): 134-142. (Online), (http://jurnal.unsil.ac.id). Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.
Dwidjoseputro. 1987. Manusia dengan Lingkungan. Jakarta: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Pengajaran.
Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingku-ngan. Bandung: PT.Refika Aditama.
Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan melalui implementasi pendekatan (STM) dalam pembelajaran. Skripsi. Yogyakarta: UNY. (Online), (http://eprint.uny.ac.id). Diakses pada 18 Februari 2018.
Ibda, F. 2015. Perkembangan kognitif Teori Jean Piaget. Jurnal Intelek-tualitas, 3 (1): 27-28. (Online), (http://jurnal.ar-raniry.ac.id). Diakses pada 10 Februari 2018.
Muhi, H.A. 2011. Pemanasan Global (Global Warming). Jatinangor Jawa Barat: IPDN. (Online), (http://alimuhi.staff.ipdn.ac.id). Diakses pada tanggal 12 Februari 2018.
Ratnasari, Endang, dan Maknun. 2015. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan dalam materi pencemaran lingkungan. Jurnal Scientia Educatia, 5 (2): 1-9. (Online), (http://syekhnurjati.ac.id). Diakses pada tanggal 16 Februari 2018.
Sastrawijaya, T. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Setyowati, dkk. 2014. Pendidikan Lingkungan Hidup. Semarang: UNNES. (Online), (http://konservasi.unnes.ac.id). Diakses pada tanggal 16februari 2018.
Siregar, I.G, dan Quimbo, M. A. T. 2016. Promoting Early Enviroment Education: The Case Of A Nature School In Indonesia. Los Banos. Journal of nature studies. 15 (1): 70-86. (Online), (http://journallofnature studies.ac.id). Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.
Suarja, A. Z, Dan Munawar. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Alam Dan (PALH) Dengan Perilaku Siswa Dalam Pengelolaan Kebersihan Lingkungan. Jurnal Serambi Scientia. 2 (2): 136. (Online), (http://ojs. serambi mekkah.ac.id). Diakses pada tanggal 18 February 2018.
Utami, R. 2013. Efektivitas (LKS) IPA Terpadu Tema Pencemaran Lingkungan Terhadap Penanaman Nilai Karakter Dan Pemahaman Konsep. Skripsi. Semarang: UNNES. (Online), (http://lib.unnes.ac.id). Diakses pada tanggal 18 Februari 2018.
Wagiyatun. 2011. Pengaruh pengetahuan pencemaran lingkungan terhadap kepedulian lingkungan peserta didik SMP Ar-Ridho Semarang 2011. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo. (Online), (http://jim.
stkip.pgrisumbar .ac.id) diakses pada 21 Februari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.