Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Pencemaran Lingkungan dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI)

Zevi Octasari, Neni Hasnunidah, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims to describe the validity and practicality of the guiding book of environmental pollution practicum with ADI model. Research development (R and D) using 4-D model are: define, design, develop, and disseminate but this stage is only up to the develop stage. Data analysis used qualitative descriptive. The developed practice lab book is made with an interesting cover. The parts of the practicum guide book consisted of student identity, title, theoretical base, objectives, research questions, tools, materials, work steps, argumentation scheme, argumentation sessions and reports. Expert and practitioner validation results showed that the valid category is "excellent". The results of the legibility test by the students indicate that the practical category is "excellent". The results of the implementation test of all the practicum procedures show that practically with the criteria criteria "almost all activities performed". Thus, it can be concluded that the guiding book of environmental pollution practicum was developed valid and practical.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penuntun praktikum pencemaran lingkungan dengan model ADI yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan (R and D) menggunakan model 4-D yaitu: define; design; develop; dan disseminate, tetapi tahap ini hanya sampai tahap develop. Analisis data mnggunakan deskriptif kualitatif. Buku penuntun praktikum yang dikembangkan dibuat dengan sampul yang menarik. Bagian-bagian buku penuntun praktikum terdiri atas indentitas siswa, judul, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat, bahan, langkah kerja, skema argumentasi, sesi argumentasi dan laporan. Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan bahwa valid dengan kategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan oleh siswa menunjukkan bahwa praktis dengan kategori baik sekali. Hasil uji keterlaksanaan seluruh prosedur praktikum menunjukkan bahwa praktis dengan kriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum pencemaran lingkungan yang dikembangkan valid dan praktis.

Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pencemaran lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arifah, I., Maftukhin, A., dan Fatmaryanti, S. D. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II. Jurnal Radiasi. 5(1): 24-28.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bahrul, H. 2001. Pedoman Sistem Penilaian Buku. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Demircioglu, T. and Ucar, S. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory and Practice, 15 (1) 267-283.

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

KBBI. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama /Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Balai Pustaka.

Khusnayain, A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Menumbuhkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah. Tesis. Lampung: Universitas Lampung.

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA - Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nimah, H. I. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan SETS untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nisa, K. 2016. Pengembangan Buku Praktikum IPA Materi Gaya Magnet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Windurejo 2 Mojokerto. Skripsi. Semarang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Osborne, J. 2010. Arguing to Learn in Science: The Role of Collaborative, Critical Dis-course. Science, 328 (5977): 463-466.

Rahayuningsih, E. dan Djoko D. 2005. Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gajah Mada.

Rochmad. 2011. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. 3 (1): 71. Semarang: FMIPA Matematika UNNES.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alvabeta.

Sampson, V. and Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. Academic Journal Article. 71 (8): 465-472.

Sulastri, I. 2010. Keterbacaan Wacana dan Teknik Pengukurannya. (Online), https:// uniis-na.wordpress.com/2010/12/31/keterbacaan-wacana-dan-teknik-pengukurannya-2/, diakses 10 Januari 2018.

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Permendikbud. 2016. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud. 2016. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., dan Semmel, M. I. 1974. Ins-tructional Development for Training Teachersof Exceptional Children. Center for Innovtion on Teaching the Handicapped. Bloomington: Indiana University.

Utomo, M. P. 2011. Adaptasi Pelaksanaan Praktikum Kimia Negara OECD. Makalah disampaikan Pada PPM Unggulan berjudul Adaptasi Kurikulum Kimia SMA Bertaraf Internasional terhadap Kurikulum dari Negara OECD. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Waluyo, M. E. dan Parmin. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Online:digilib.uns.ac.id/view/year/2014.type.htm. Skripsi. Semarang: UNS.

Wardhana, W. A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan (edisi revisi). Yogyakarta: Andi.

Zuhdan, K. P. 2013. Pemantapan Penguasaan Materi PPG, Konsep Dasar Pendidikan IPA. Yogyakarta: FMIPA UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.