Hambatan Guru IPA Kelas VII dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013-revisi Se-Kotamadya Bandar Lampung
Abstract
This study aims to describe the problems of science teachers of class VII on implementing K13-revision. Sampling used purposive sampling technique. Types of research used was descriptive research, data were obtained from questionnaire and interview, then analyzed descriptively. The results showed that the implementation of K13-revision in the academic year 2016/2017 in Bandar Lampung Municipality of five aspects, aspects that indicated the obstacles were(1) learning text (2) process and implementation of learning that has a percentage of 30%. Both of these aspects had the category of "quite inhibiting". There are three aspects that according to science teachers do not had obstacles, that were (1) lesson planning; (2) the process and implementation of the assessment; and (3) information.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru IPA kelas VII dalam mengimplementasikan K13-revisi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh dari angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan K13-revisi di tahun ajaran 2016/2017 di Kotamadya Bandar Lampung dari lima aspek, aspek yang menunjukkan hambatan yaitu pada aspek teks pembelajaran juga aspek proses dan pelaksanaan pembelajaran yang memiliki persentase sebesar 30%. Kedua aspek tersebut masuk dalam kategori cukup menghambat. Tiga aspek yang menurut guru IPA tidak mengalami hambatan, yaitu : aspek (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses dan pelaksanaan penilaian; dan (3) informasi.
Kata Kunci : guru IPA, hambatan, implementasi, K13-revisi
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa.
Fitriany, R. A. M. dan H. Susilo. 2014. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri se-Kota Lamongan. (Online), http://jurnal-online.um.ac. Id/data/artikel/artikel DBBF4022919DBFA26ECA90FFBCF253E4.pdf. Pada tanggal 25 Oktober 2016
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hariana, R. 2015. Implementasi Program Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 7 Samarinda. eJournal Administrasi Negara. 3(5) :1727-1737. (Online), http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/ site/wp-content/uploads/2015/11/ Ejournal%20RINA%20HARIANA%20fix%20(11-19-15-05-04-05).pdf, diakses pada tanggal 25 Oktober 2016.
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. (Online), http://litbang. kemdikbud. go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243- kurikulum-2013-pergeseran -paradigma-belajar-abad-21. Pada tanggal 15 November 2015. Pada pukul 13.22 WIB.
Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ngertini. N., W. Sadia dan W. Yudana. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha . 4(1): 1-11. (Online), http://pasca. undiksha.ac.id/ ejournal/index. php/jurnal_ap/article/view/1012/760. Pada tanggal 29 Oktober 2016. Pada pukul 12.15 WIB.
Ruhimat,T. dkk. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Raja Gravindo Persada.
Rustaman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers.
Suharno. 2014. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity. 10(1):147-157. (Online), http://ejournal.umm.ac.id/ index.php/humanity/article/ viewFile/2467/2672, diakses pada tanggal 25 Oktober 2016.
Wisudawati, A. W. dan E. Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.