Pengembangan buku penuntun praktikum sistem gerak pada manusia dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI)
Abstract
This study aims to describe the characteristics, validity, and practicality of the practical guidebook Humans Motion System using ADI model. The research design used was R & D with 4D models (define, design, develop, and disseminate), but disseminate stage was not done. The developed product was made with brightly colored drawing envelopes with the letter Book Antiqua font 12. Each practicum guide consists of lab work titles, preliminary theories, objectives, research questions, tools and materials, work steps, argumentation production, argumentation sessions, and reports. The results showed that the validation of experts and practitioners categorized "very good". The results of legibility test by students categorized "very good". The results of the implementation of all laboratory procedures using guidance model of ADI criteria "almost all activities performed". Thus, the developed practical practicum manual was valid and practical.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, validitas, dan praktikalitas buku penuntun praktikum Sistem Gerak pada Manusia dengan model ADI. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan.Produk yang dikembangkan dibuat dengan sampul bergambar yang berwarna cerah dan menarik dengan huruf Book Antiquafont 12. Setiap penuntun praktikum terdiri atas judul praktikum, teori pendahuluan, tujuan, pertanyaan penelitian, alat dan bahan, langkah kerja, produksi argumentasi, sesi argumentasi, dan laporan. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli dan praktisi berkategori baik sekali. Hasil uji keterbacaan oleh siswa berkategori baik sekali. Hasil uji keterlaksanaan seluruh prosedur praktikum menggunakan penuntun model ADIberkriteria hampir seluruh kegiatan terlaksana. Dengan demikian, buku penuntun praktikum yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis.
Kata kunci: argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, sistem gerak pada manusia
References
Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembela-jaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pusta-ka Pelajar.
Arifah, I., Maftukhin, A.,& Fatmaryanti, S. 2014. Pengembangan Buku Petun-juk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Meng-optimalkan Hands On Maha-siswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Pendidi-kan Fisika. 5 (1): 24-28. (Online), https://www.google.com/search? artikel.org. diakses pada 12 Mei 2016.
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksa-ra.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Peneli-tian: Suatu Pendekatan Prak-tik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsika, Reza, & Ramadhan, M. Firman. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Fisika untuk Mening-katkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembar 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (1): 10-18. (Online), https://www.google.com/journal.co.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Crawford, B.A. 2006. Learning to Teach Science as Inquiry in the Rough and Tumble of Practice. Journal of Research in Science Teaching. 44 (4): 618-619.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengem-bangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Mene-ngah Atas.
Emanuela, M. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Prestasi Bela-jar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Surabaya: Universitas negeri surabaya.
Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Keterampilan Berfikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung. Disertasi dan Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.
Klare, G. R. 2008. Readability Handbook of Reading Rese-arch. New York: Longman Inc.
Nimah. 2013. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Per-mainan Edukatif Tema Gerak Tumbuhan dan Faktor yang Mempengaruhi untuk Siswa SMP.Unnes Science Educa-tion Journal.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inova-tif. Yogyakarta: Diva Press.
Pujiyanto, S. 2012. Biologi untuk Kelas XII SMA. Solo: Platinum.
Salirawati. 2010. Pelatihan Pengem-bangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan. Jakarta: Artikel INOTEK.
Sampson, V. dan Gleim, L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology. The American Biology Teacher. 71 (8): 465-472.
Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya.
Suprawoto, N. A. 2009. Mengem-bangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. Yogya-karta: UIN Sunan Kalijaga.
Tampubolon, A. 2008. Kemampuan Membaca:Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa
Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. 1974. Instructio-nal Development for Training Teachers of Exceptional Children. Blomington: Central for Enovation on Teaching the Handicapped.
Utomo, M. P. 2011. Adaptasi Pelaksanaan Praktikum Kim-ia Negara OECD. UNY: FMIPA.
Zulaiha, Hartono, A. Rachman. 2014. Pengembangan Buku Praktikum Kimia Hidrokar-bon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 1 (1): 87-93.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.