Hubungan antara Pengetahuan tentang Pencemaran Lingkungan dan Perubahan Iklim dengan Sikap Peduli Lingkungan

Ni Made Anikarnisia, Arwin Surbakti, Tri Jalmo

Abstract


The aims of this research were to know significance and direction of relation between knowledge about environmental pollution and climate change with student's caring attitude, and the amount of contribution indicated between the variables. The method of this research was correlational study. The subjects of the study were students of VIII grade of SMP Negeri & Bandar Lampung taken by cluster random sampling technique with the number of 86 students. Data of knowledge about environmental pollution and climate change took by multiple choice test and data of environmental care attitude took by questionnaire. Technique of data analysis using the method of a simple linear regression analysis. The results showed that there was a significant correlation between the variables shown by Sig value. 0.001 <0.05; positive relationship between the variables shown through regression equation that is Y=56,630+0,258X; and there was very low contribution of knowledge to the attitude shown by the coefficient of determination of 12%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dan arah hubungan antara pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dan perubahan iklim dengan sikap peduli lingkungan siswa, serta besarnya kontribusi yang ditunjukan antarvariabel. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang diambil dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah 86 siswa. Data pengetahuan tentang pencemaran lingkungan dan perubahan iklim diambil menggunakan tes pilihan jamak sedangkan data sikap peduli lingkungan diambil menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antarvariabel yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,001<0,05; terdapat hubungan positif antarvariabel yang ditunjukkan melalui persamaan regresi yaitu Y=56,630+0,258X; dan terdapat kontribusi yang sangat rendah antara pengetahuan terhadap sikap yang ditunjukkan oleh koefesien determinansi sebesar 12%.

Kata kunci: pengetahuan, pencemaran lingkungan, perubahan iklim, sikap peduli lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Ahmalia, Devi, Suhardi, dan Nandang. 2012. Hubungan antara Pencemaran dengan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan di SMK Pelita dan SMK Madani. (Online). (sintadev.ristekdikti.go. id/affiliations/detail?page=37&id=1394&view=documents diakses pada 28 Agustus 2017 pukul 14.17 WIB)

Azhar, Basyir, D., dan Alfitri. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Ling-kungan, 3 (1): 36-41.(Online), (http://download.portalgaruda.orgarticle.php?article=05646val= 1315&title=HUBUNGAN%20PENGETAHUAN% 20DAN%20ETIKA%20LINGKUNGAN%20DENGAN%20SIKAP%20DAN%20PERILAKU%20MENJAGA%20KELESTARIAN%20LINGKUNGAN diakses 17 Januari 2017 pukul 19.00 WIB)

Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, M., dan Wawan, A. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Eddy, K. dan Manik. 2013. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta:Djambatan.

Fauziah, L. 2016. Polusi Udara di Afrika Lebih Mematikan Ketimbang Malnutrisi. (Online). (national geographic.co.id diakses 18 Desember 2017 pukul 23.41 WIB)

Harun, R., Hock, L. K., and Othman, F., 2011, Environmental Knowledge and Attitude among Students in Sabah. World Applied Sciences Journal. 14: 83-87. (Online). (http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.390.1277&rep=rep1&type=pdf diakses 10 November 2016 pukul 8.37 WIB)

Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingku-ngan. Bandung: Refika Editama.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter.

Yogyakarta: Familia.

Siregar, I.G., dan Quimbo. 2017.: Promoting Early Environment Education: The Case of a Nature School in Indonesia. Journal of Nature Study, 15 (1): 70-86 (Online). (www.journalofnature-studies.org/files/JNS15-1/15(1)%2070-86%20Siregar& Quimbo .pdf. diakses 19 Maret 2017)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surna, N.I., dan Panderiot, O.D. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Tamara, R.M. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi. 16 (1): 44-55. (Online). (http://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3467/2453 diakses 9 Desember 2017 pukul 08.32 WIB)

Wardhana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogya-karta : Andi.

Yuliasamaya, Darmawan, dan Hilmanto. 2014. Perubahan Tutupan Hutan Mangrove Pesisir Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sylva Lestari. 2(3) :111-124. (Online). (http://jurnal .fp.unila.ac.id/index.php/JHT/article/- viewFile/439/413 diakses 12 Januari 2015 pukul 13.43WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.