Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Perkembangan Hewan

Suryanti Suryanti

Abstract


This study aims to find the perceptions of students on the implementation of learning subjects of animal development semester IV FKIP Pekanbaru Lesson 2016/2017. The method used survey method. The population of this study is the entire semester III which amounted to 198 people. The process of sampling is by simple random sampling. The highest pedagogic competence (97,78) with the excellent group that is communicating effectively, empathic and polite with the learners and the lowest score (74,71) with good group. As for the professional competence to Mastering the materials, structure, concepts and mindset of scholarship that support the subjects (86.19). It can be concluded for pedagogic competence that communicate effectively, empathic and courteous with learners and master the characteristics of learners from the physical, moral, spiritual, social, cultural, emotional and intellectual aspects.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Hewan semester IV FKIP. Metode yang digunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh semester III yang berjumlah 198 orang. Proses pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Hasil penelitian yaitu kompetensi pedagogik nilai tertinggi (97,78) dengan katagori sangat baik yaitu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan nilai yang terendah (74,71) dengan katagori baik yaitu tentang menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual. Sedangkan untuk kompetensi professional untuk menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (86,19). Dapat disimpulkan Untuk kompetensi pedagogik berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.

Kata kunci : kompetensi pedagogik, kompetensi professional,persepsi mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Anugerahwati, M. dan Ali, S. 2010. Professional Competence OfEnglish Teachers In Indonesia. Indonesian Journal of English Language Teaching.(Vol. 6, No. 2).

Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim Adnan. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning.The International Journal Of Engineering And Science (IJES). (Vol. 4 dan No.2).PP.01-12.

Mariani, G. 2013. Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Mata Pelajaran Matematika di SMPN14 Pekanbaru. Skrispsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Musfah, J. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Nurza, A.S. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran IPA/Biologi Kelas IX Bagan Siapi- Api. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Permendiknas. No. 16 Tahun 2007. Standar Kualifikasi Akedemik dan Kompetensi Guru. Jakarta.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Bandung: Algensindo.

Sudjono, N. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyanto & Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.