Efektivitas Formasi Tempat Duduk terhadap Hasil Belajar Siswa SMP

Eka Rahmi Pala, Arwin Achmad, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aimed to determine theeffectiveness of seating formation towards student learning outcomes on interactions between organisms and their environmentsubject. The research design was pretest-posttest non-equivalent groups. The population was all students of VII grade of Junior High School 1 Gadingrejo. The samples were VII8, VII9, and VII10grades student which were selected by purposive sampling technique. This research data were the result of students pretest-posttest, students self-assessment sheets affective aspects, and students observation sheets psychomotor aspects. Cognitive aspects of learning outcome data were analyzed by One-Way Anova test and by Independent Sample t-test, affective and psychomotor aspects learning outcomes were analyzed by Qualitative Achievement Index and calculated the score improvement. The results showed that the I experiment class had the highest cognitives N-gain and score improvement (affective and psychomotor). So, there were differences of effectiveness of the three seating formations that applied towards student learning outcomes on interactions between organisms and their environment subject.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas formasi tempat duduk terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Desain penelitian ini adalah desain pretes-postes non ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII8, VII9, dan VII10yang diambil dengan teknikpurposivesampling. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pretes-postes, lembar penilaian diri aspek afektif siswa, dan lembar pengamatan aspek psikomotorik siswa. Data aspek kognitif kemudian dianalisis dengan ujiOne-Way Anovayang dilanjutkan dengan ujiIndependent Sample t-test, data aspek afektif dan aspek psikomotorik dianalisis menggunakan IPK serta dihitung peningkatan nilainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen I memilikiN-gainkognitifdanpeningkatan nilai (afektif dan psikomotorik) tertinggi. Jadi, terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk yang diterapkan terhadap hasil belajar siswa materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.

Kata kunci:efektivitas, formasi tempat duduk, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aksari, I. H. 2013. Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Kemampuan Mendesain Posisi Duduk dan Peningakatan Prestasi Siswa. (Online), (http://www.diyanika.com/2013/05/pengaruh-profesionalitas-guru-terhadap.html, diakses pada 18 Oktober 2016).

Djiwandono, S. E. W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hake, R. R. 2005. Analyzing Change/Gain Scores. (Online), (www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf, diakses pada 18 Oktober 2016).

JPNN. 2016. Pendidikan Indonesia. (Online), (http://www.jpnn.com/read/2016/04/27/393409/Sedih..-Pendidikan-Indonesia-Urutan-Bawah-di-Survei-Internasional- diakses pada 18 Oktober 2016).

Kaya, N. dan Burgess, B. 2007. Territoriality: Seat Preferences in Different Types of Classroom Arrangements. Environment and Behavior. 39 (6): 859876. (Online), (http://eab.sagepub.com/content/39/6/859.full.pdf+html, diakses pada 31 Januari 2017).

Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lotfy, N. 2012. Seating Arrangement and Cooperative Learning Activities: Students On-task/Off-task Participation in EFL Classrooms. Tesis. Cairo: American University in Cairo.

Nurmala. 2014. The Effect of U-Shape (Horseshoe) Seating Arrangement on Speaking Ability of The Tenth Grade Students at SMK TI Airlangga Samarinda. Skripsi. Samarinda: Mulawarman University.

Purwanto, E. dan Sulistyastuti, D. R. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Administrasi Publik, dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmanurmeta, F. M. dan Farozin, M. 2013. Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 9 (1): 70-82. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/10691, diakses pada 28 September 2016).

Sarnapi. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah. (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendidikan-indonesia-masih-rendah-372187, diakses pada 18 Oktober 2016).

Setiyadi, B. R. dan Ramdani, S. D. 2016. Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Pembelajaran Saintifik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. 1 (1): 29-42. (Online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos, diakses pada 28 September 2016).

Suleman, Q. dan Husain, I. 2014. Effects of Classroom Physical Environment on the Academic Achievement Scores of Secondary School Students in Kohat Division, Pakistan. International Journal of Learning and Development. 4 (1): 71-82. (Online), (http://www.macrothink.org/journal/index.php/ijld/article/view/5174, diakses pada 30 Januari 2017).

Suryani, N. dan Agung, L. 2012. Stratergi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Uno. B, H. dan Nurdin, M. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. PT. Jakarta: Bumi Aksara.

Wannarka, R. dan Ruhl, K. 2008. Seating Arrangements that Promote Positive Academic and Behavioural Outcomes: A Review of Empirical Research. Support for Learning. 23 (2): 89-93. (Online), (http://onlinelibrary.wiley.com/resolve/doi?DOI=10.1111/j.1467-9604. 2008.00375.x, diakses pada 01 Februari 2017).

Winataputra, U. S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yulianingsih, Rissa. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kontekstual (Contextual Tea-ching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Zerin, S. 2009. Classroom Management: Seating Arrangements in ESL Classroom. Bangladesh: BRAC University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.