Hubungan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Biologi

Diana Nurlinggasari, Arwin Achmad, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This study aimed to describe the core-lation of tutoring activities out of the school and the motivation to learn with the achievement of biology learning. The samples in this research were XI Science grade students at Senior High School 9 Bandar Lampung who followed the tutoring activities out of the school. The samples ware determined by using nonprobability technique with saturated sampling. Data of research were quantitative that include the results of questionnaire guidance, learning motivation, and also learning outcomes from teachers. The data were analyzed quantitatively used SPSS 16. The result of the research showed that there was no significant correlation between tutoring activities and biology learning achievement (r = -1.237). There way sig-nificant corelation between learning motivation and biology learning achievement (r = 0,217). There was significant corelation between tutoring activities and learning motivation with biology learning achievement (r = 0,248).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan bimbingan belajar di luar sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang mengikuti bimbingan belajar yang ditentukan menggunakan teknik sampling nonprobability melalui sampel jenuh. Data penelitian yaitu data kuantitatif yang berupa hasil angket bimbingan belajar dan motivasi belajar serta hasil belajar dari guru. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar biologi (r=-1,237). Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi (r=0,217). Terdapat hubungan signifikan antara bimbingan belajar di luar sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar biologi (r=0,248).

Kata kunci: bimbingan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar biologi


Full Text:

PDF

References


Alderfer, C.P. 2007. An Empirical Test OF A New Theory of Human Needs. Orga-nizational Behaviour and Hu-man Perfomance. 4 (2). 144-175. (Online), (http://eprints.

utm.my, diakses pada 10 Oktober 2016).

Ali, M. 2013. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Ban-dung: Angkasa.

Andayani, N. P. S. N., M. Sulastri dan G. Sedanayasa. 2014. Pe-nerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2 (1): 6-7. (On-line), (http:// ejournal.-undiksha.ac.id, diakses pada 9 Juli 2017).

David, R dan K, McKenzi.2011. The Impact of Tutoring on the Academic Success of Undeclared Students.Jour-nal of College Reading and Learning. 41 (2): 22-36. (Online), (https://pdfs.se-manticscholar.org, diakses pada 9 Oktober 2016).

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Depdiknas.

Miru, A. S. 2009. Hubungan Antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Instalasi Listrik Siswa SMK Negeri 3 Makasar. Jurnal MEDTEK. 1 (1): 6. (Online), (http:// elektro.unm.ac.id, di-akses pada 21 April 207).

Nasution, S. 2010. Berbagai Pen-dekatan dalam Proses Be-lajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nusantari, C.D.G., K, Budiyanto dan Lisdiana. 2012. Persepsi Siswa Kelas XII SMA Negeri Terhadap Bimbingan Belajar. Unnes Journal of Biology Education. 1 (2): 13-19. (On-line), (http://lib.unnes.ac.id.-pdf diakses pada 8 Oktober 2016)

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Per-sada.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Per-sada.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sopiatin, P dan S, Sahrani. 2011. Psi-kologi Belajar dalam Per-spektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. 2010. Bimbingan Belajar. Bandung. Universitas Pen-didikan Indonesia. (Online) (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195903311986031-SUHERMAN/-Bimbingan_Belajar.pdf diakses pada 9 Oktober 2016).

Sukmadinata, N.S. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya.

Syah, M. 2013. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Ros-dakarya.

Triyono. 2013. Metodologi Pe-nelitian Tindakan. Yogya-karta: Penerbit Ombak.

Yusuf, S dan N, Juntika. 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.