Profil Kemampuan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran IPA di SDN 02 Rajabasa Jaya Bandar Lampung

Ratna Yuningsih, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The aims of this study were to describe the profile and pattern of students' cooperative ability in science learning at SD Negeri 02 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. This research was descriptive research. The sampling used saturated sampling technique, that was all students of class IV and V. The data were in the form of description on students' which were gained from the observation. The data were obtained from questionnaire given to students. The results showed that the ability of student cooperative in science learning in general has been classified as good with the percentage of 52.5% seen from the observation sheet and the questionnaires about the ability of students cooperative in general have been classified high with percentage of 69%. The pattern of cooperative formed at school was contractual cooperation.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan pola kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 02 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh siswa kelas IV dan V. Data berupa deskripsi tentang kerjasama siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA secara umum sudah tergolong baik dengan persentase 52,5% dilihat dari lembar observasi. Dilihat dari angket kemampuan kerjasama siswa secara umum sudah tergolong tinggi dengan persentase 69%. Pola kerjasama yang terbentuk pada sekolah yaitu pola kerjasama kontrak.

Kata kunci: profil kemampuan kerjasama, pola kerjasama, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Apriyani, Dewi, dan I. Harta. 2013. Upaya Meningkatkan Kerja-sama Siswa Dalam Pembelajar-an Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi.(Online).(http://eprints.ums.ac.id/26889/26/NASKAH.pdf, diaskes pada tanggal 6 Desember 2015; Pukul 22.00 WIB).

BSNP 2006.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP.

BSNP . 2010. Paradigma Pendidikan Nasional di Abad-21. Jakarta: BSNP.

Isjoni. 2013. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson, E. B. 2012. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Margono, S. 2010. Metodologi Peneliti-an Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Warsito. 2015. Gawat, Murid SD di Lampung Serbu Sekolah Lain Bawa Gergaji Dan Palu. (Online).(http://lampung.tribunnews.com/2015/10/02/gawat-murid-sd-di-lampung-serbu-sekolah-lain-bawa-gergaji-dan-palu/.Html. Diakses Pada Tanggal 22 Desember 2015; Pukul 20.00 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.