Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan Di SMP Se-Kemacatan Langkapura
Abstract
The purpose of this research was to analyze the implementation and problem of practical in life organization material. Samples in this research were VII grade teachers science whom implemented practical work, chosen by purposive sampling. Research design was Expository. This research used qualitative approach and descriptive data. Data collecting technique used questionnaires, interview, and observation, and then the data were analyzed by using of Miles and Huberman model. The result showed that the implementation of practical work in life organization subjects by teachers and students in Langkapura was very good criteria. Implementation steps in life organization subject by teachers and students in Langkapura the criteria was good. Problems of practical work of life organization subject were limitation on the equipment that used in practical work, such as dissection tool, light microscope, medium, and cloroform.
Tujuan penelitian ini menganalisis pelaksanaan dan permasalahan praktikum materi organisasi kehidupan. Sampel penelitian ini guru IPA yang mengajar di kelas VII dan melaksanakan kegiatan praktikum, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah riset ekploratori. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket, wawancara, dan observasi, data dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan menurut guru dan siswa di Kecamatan Langkapura mendapat kriteria sangat baik. Tahapan pelaksanaan praktikum yang dilakukan oleh guru dan siswa mendapat kriteria baik. Permasalahan pada pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan adalah keterbatasan alat yang digunakan untuk kegiatan praktikum, seperti alat bedah, mikroskop cahaya, medium, dan kloroform.
Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum
Full Text:
PDFReferences
Akinbobola, dan K. Olufunminiyi. 2015. Evaluating Science Laboratory Classroom Le-arning Environment in Osun State of Nigeria for National Development. Global Journal of Human-Social Science. ( Online), (http:iiste.org/Journals/index.php/JRDM/article/23865) diakses Rabu, 5 oktober 2016.
Chodijah, S. 2016. Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung.
Mahfudiani, C. F. 2015. Effetivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMAN se-Kabupaten Sleman. Skripsi. (Online), (http:eprint.uny.ac.id) diakses Rabu, 5 oktober 2016.
Munandar, K. 2015. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Adiatama..
Hasruddin dan S. Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. (Online), (http:digilib.unimed.ac.id/4837/1/Fulltext.pdf) diakses Rabu, 5 oktober 2016.
Paramita, A. 2016. Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMAN 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Negeri Surakarta (Online), (http:eprints.ums.ac.id/44178/) diakses Jumat, 7 oktober 2016.
Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Tesch , M. dan R. Duit. 2013. Experimentieren im Physikunterricht-Ergebnisseeiner Videostudie [Praktikum dalam pelajaran fisika hasil sebuah penelitian dengan video]. http: phydid.physik.fuberlin.de/index.php/phydidb/article/596), diakses pada Sabtu 8 Oktober 2016.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trisnayanti, L. E. Sukarsih, dan Y. Hamdiyati. 2009. Pembelajaran Materi Tingkat Organisasi Kehidupan Melalui Kegiatan Praktikum di SMP Negeri 2 Paseh Kabupaten Sumedang (Penga-laman Lesson Study di Wilayah Paseh). (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196611031991012YANTI_HAMDIYATI/makalah_semnas.leni.YANTI_H.pdf) diakses Selasa, 4 oktober 2016.
Uno, H. B. dan S. Koni, 2014. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wisudawati, A W., dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.