ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN SMP KECAMATAN TANJUNGKARANG PUSAT
Abstract
This study aims to analyze practicum implementation and problems about living organism of VII grade teachers on Junior High School in Tanjungkarang Pusat year 2016/2017. The sample were VII grade Sains teachers who carried out practicum of living organism that were selected by purposive sampling. Exploratory research design was used in this research. Research data were obtained from questionnaires, interviews and observations that were analyzed descriptively. The result showed that teacher's and students response to the practicum implementation, the phases of practicum, and the student worksheets by teachers had score that were 75.21%, 76.10%, 69.91%, and 49.73%. Thus, the practicum implementation by teachers and students was good, the phases of practicum have good criteria, and student worksheets by teachers were quite good. The problems in practical activities are limited; (1) laboratory facilities, (2) number of microscopes, and (3) number of animal and plant cells.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII Kecamatan Tanjungkarang Pusat tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu guru IPA kelas VII yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain riset eksploratori. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, dan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan guru dan tanggapan siswa terhadap pelaksanaan praktikum, tahapan pelaksanaan praktikum, serta LKS-praktikum yang disusun guru berturut-turut memperoleh skor 75,21%, 76,10%, 69,91%, dan 49,73%. Dengan demikian pelaksanaan praktikum oleh guru dan siswa berkriteria baik, tahapan pelaksanaan praktikum berkriteria baik, dan LKS-praktikum yang disusun guru berkriteria cukup baik. Permasalahan yang muncul dalam kegiatan praktikum yaitu keterbatasan; (1) sarana laboratorium, (2) jumlah mikroskop cahaya, dan (3) jumlah preparat awetan sel hewan dan tumbuhan.
Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.
Anggraeni A., Retnoningsih A., dan Herlina L. 2013. Pengelolaan Laboratorium Biologi untuk Menunjang Kinerja Pengguna dan Pengelola Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Wonogiri. Unnes Journal of Biology Education. 2(1): 303-311. (Online), (https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=2W2rpOUAAAAJ&citation_for_view=2W2rpOUAAAAJ:kNdYIx-mwKoC), diakses 15 September 2016.
Chodijah, S. 2016. Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univer-sitas Lampung.
Demircioglu, G. dan M. Yadigaroglu. 2011. The Effect of Laboratory Method on High School Students Understanding of The Reaction Rate. Western Anatolia Journal of Educational Science. 5(2) :509-516. (Online), (http://webb.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/509-516.pdf), diakses 30 September 2016.
Hasruddin dan S. Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 9(1): 17-32. Medan: Universitas Negeri Medan. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/4837/1/Fulltext.pdf), diakses 2 Oktober 2016.
Ihejiamaizu dan I. O. Ochui. 2016. Utilization of Biology Laboratory Equipment and Students Academic in Cross River State, Nigeria. British Journal of Education. 4(9): 63-71. (Online), (http://www.eajournals.org/wpcontent/uploads/Utilization-of-biology-laboratory-equipment-and-students-academic-perfor-mance-in-cross-river-state-Nigeria.pdf) diakses 2 Ok-tober 2016.
Indriastuti., L. Herlina., dan P. Widyaningrum. 2013. Kesiapan Laboratorium Biologi dalam Menunjang Kegiatan Praktikum SMA Negeri di Kabupaten Brebes. Unnes Journal of Biology Education. 2(2): 124-132. (Online), (https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=2W2rpOUAAAAJcstart=20pagesize=80citation_for_view=2W2rpOUAAAAJ:KlAtU1dfN6UC), diakses 3 Oktober 2016.
Litasari, K. N., N. Setiati, dan L. Herlina. 2014. Profil Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siwa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education. 3(2): 172-179. (Online), (https://de.scribd. com/document/332598343/4457-1-9153-2-10-201603 25, diakses 2 Oktober 2016.
Masithussyifa R. K., Ibrahim M., Ducha N. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal BioEdu. 1(1):7-10. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/339/591), diakses 30 September 2016.
Maknun, D., R. R. H. K. Surtikanti, A. Munandar, dan T. S. Subahar. 2012. Keterampilan Esensial dan Kompetensi Motorik Laboratorium Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Kegiatan Praktikum Ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(2): 141-148. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136296&val=5655), diakses 2 Oktober 2016.
Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurnawati, E., D. Yulianti, dan H. Susanto. 2012. Peningkatan Kerja Sama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal. 1(1): 1-7. (Online), (https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=oe1ao4UAAAAJ&citation_for_view=oe1ao4UAAAAJ:ldfaerwXgEUC), diakses 10 Oktober 2016.
Paramita, A. 2016. Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016 . Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 175 hlm. (Online), (http://www. aidsindonesia.or.id/upload/20130729141205.Permendiknas_No_22_Th_2006.pdf) diakses 2 Oktober 2016.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. (Online), (http://sayembaraiai.org/gallery/documents/sayembara-tipologi-sekolah-negeri-dkijakarta/Lampiran%20Permen%2024% 202007%20Standar% 20Sarana%20Prasarana.pdf), diakses 1 Oktober 2016.
Pratiwi D. M., Saputro S., dan Nugroho C. S. A. 2015. Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2): 32-37. (Online), (http://jurnal.fkip. uns.ac.id/index.php/kimia/article/ view/5688/3993), diakses 30 September 2016.
Saraswati, P. M. 2016. Kemampuan Menggunakan Mikroskop Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Publikasi Ilmiah. (Online), (http:// eprints.ums.ac.id/43908/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses 29 September 2016.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Suryawan, A., A. Binadja, dan S. Sulistyorini. 2015. Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi SETS untuk Mengukur Keterampilan Proses SAINS. Journal of Primary Education. 4(1): 1-9. (Online), (https://journal. unnes.ac.id/artikel_sju/jpe/6915), diakses 29 September 2016.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wisudawati, A. W. dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.