Kesulitan Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Merencanakan dan Melaksanakan Asesmen

Rita Yanti, Rini Rita T. Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This study aims to identify the difficulties of science teachers in planning and implementing an assessment at a private middle school in Labuhan Ratu district, Bandar Lampung City. The samples of the study were all of 8th grade science teachers that were selected with nonprabability sampling technique. This research used descriptive design type. Qualitative data were obtained from interviews of teacher responses and quantitative data were obtained from questionnaires of teacher. The results showed that teachers difficulties in planning the assessment included in sufficient criteria on indicators objectives of the assessment, preparing the instrument, preparing the grid, writing questions based on the grid and writing rules, determining the quality criteria, and compiling the scoring guidelines. The difficulties experienced by teachers in conducting the assessment was sufficient criteria on indicators of the implementation of psychomotor, effective, and cognitive domain. Thus, teachers difficulties in planning and carrying out the assessment was sufficient criteria.


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan Guru IPA dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen pada SMP Swasta se-Kecamatan Labuhan Ratu Kotamadya Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah seluruh guru IPA kelas VIII, yang dipilih dengan teknik sampling nonprobability. Desain penelitian ini menggunakan tipe desain deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara pada guru dan data kuantitatif diperoleh dari angket pada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam merencanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup pada indikator menetapkan tujuan asesmen, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi, menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal, menentukan kriteria mutu soal, dan menyusun pedoman penskoran. Kesulitan yang dialami oleh guru dalam melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria cukup pada indikator pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik, ranah afektif, dan kognitif. Dengan demikian, kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen termasuk kriteria cukup.

Kata kunci: kesulitan, melaksanakan asesmen, merencanakan asesmen


Full Text:

PDF

References


Anthony, J. N., dan Brookhart, S. M. 2010. Educational Assessment of Students Six Edition. New Jersey: Ohio Merrill, an Imprint of Prentice Hall.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Eva-luasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmaja, N.P. 2016. Evaluasi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Barizi, A. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bundu, P. 2010. Penilaian Keteram-pilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali.

Kurebwa, M., dan Nyaruwatu, L. T. 2013. Assessment Challenges in the Primary Schools: A Case of Gweru Urban Schools. Greener Journal of Education Research. 3 (7), 336-344. (Online), (http://www.gjournals.org), di-akses 10 Oktober 2016. Septem-ber 2013.

Mustafa, Z. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogya-karta: Graha Ilmu.

Nasution. 2012. Kurikulum dan Peng-ajaran. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nuroktya, N. 2012. Hambatan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SMAN 1 Sanden. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Siswanto. 2011. Pengantar Manaje-men. Jakarta: Bumi Aksara.

Subagyo, J. 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakar-ta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Pe-nelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widyaningrum, N. 2015. Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Pendi-dikan Kewarganegaraan. Skrip-si. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wisudawati, A. W., dan Sulistyowati, E. 2014. Metedologi Pembela-jaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.