Analisis Praktikum Organisasi Kehidupan Dan Permasalahannya di SMP se-KecamatanTeluk Betung Utara

Marista Nia, Berti Yolida, Arwin Achmad

Abstract


The aims of this research were to analyze the implementation of laboratory practice and its problems on living organism materials of junior high schools in Teluk Betung Utara. The samples were selected by purposive sampling. Data collection technique used questionnaire, interview, and observation, its analyzed using Miles and Huberman model. Research results showed that the laboratory practice on living organism materials was categorized as very good category, observation result of laboratory practice was good, and students laboratory practice worksheet was quite good. Problems appeared in the implementation of laboratory practice on living organism materials were limited number microscopes; laboratory practice activities was not conducive yet; lack of preparation before conducting the laboratory practice, and the students laboratory practice worksheet not directing the students yet in order to formulate a hypothesis. Based on the results of this study, it can be concluded that the implementation of laboratory practice and its problems on living organism materials in Teluk Betung Utara was categorized as very good although there was some problems existed in the laboratory practice implementation.

Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan dan permasalahannya di SMP se-Kecamatan Teluk Betung Utara. Sampel dipilih secara purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi, yang dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian pelaksanaan praktikum berkriteria sangat baik, observasi tahapan pelaksanaan praktikum berkriteria baik, LKS-praktikum/LKPD-praktikum berkriteria cukup baik. Permasalahan dalam pelaksanaan praktikum yaitu keterbatasan jumlah mikroskop; kegiatan praktikum yang masih kurang kondusif; persiapan sebelum melaksanakan praktikum masih kurang, serta penyusunan LKS-praktikum/ LKPD-praktikum belum mengarahkan siswa untuk merumuskan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan se-Kecamatan Teluk Betung Utara berkriteria sangat baik walaupun terdapat permasalahan dalam pelaksanaan praktikum.

Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Chodijah, S. 2016. Analisis Pelaksana-an Praktikum Pada Pembe-lajaran Biologi Siswa Kelas VIII di Smp Negeri 1 Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Gafur, A. 2012. Desain Pembelajar-an: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencana-an Pelaksanaan Pembelajar-an. Yogyakarta: Ombak Dua.

Hasruddin dan S. Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahan-nya di SMA Negeri Se-Kabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 9(1): 17-32. (Online), (e-journal.upp.ac.id/Index. php/ fkipbiologi/article/view/320/325), diakses 22 Oktober 2016).

Indriastuti, L. Herlina, dan P. Widiyaningrum. 2013. Kesia-pan Laboratorium Biologi dalam Menunjang Kegiatan Praktikum Sma Negeri di Kabupaten Brebes. Unnes Journal of Biology Edu-cation 2 (2): 124-132. (Online), (e-journal.upp.ac. id/ index.php/fkipbiologi/article/view/320/325), diakses 23 Oktober 2016).

Jamaluddin, A. Kade, dan Nurjannah. 2015. Analisis Pelaksanaan Praktikum Menggunakan Kit Ipa Fisika Di Smp Se-Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 3 (1): 13. (Online), (http:// jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index. php/EPFT/article/view/2368), diakses 01 November 2016).

Khamidah, N dan N. Aprilia. 2014. Evaluasi Program Pelaksana-an Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO. 1(1): 5-8. (Online), (http://www.research gate.net/publication/283506279_Evaluasi_Program_Pelaksanaan_Praktikum_Biologi_Kelas_XI_SMA_Se-Kecamatan_ Um bulharjo_ Yogyakarta_Semester_ II_Tahun_Ajaran_20132014), diakses 01 November 2016).

Litasari, K. N., N. Setiati, dan L. Herlina. 2014. Profil Pem-belajaran Biologi Berbasis Laboratorium dan Implikasi-nya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education. 3 (1): 172-179. 179. (Online), (https://de.scribd.com/document/332598343/4457-1-9153-2-10-20160325), diakses 28 Oktober 2016).

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Parkes, K. A. 2010. Performance Assessment: Lessons from Performers. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 22(1): 98-106. (Online), (www.isetl.org /ijtlhe/), diakses 29 Oktober 2016).

Permendikbud. 2013. Standar Pelayan-an Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas. 2007. Standar Sarana dan Prasarana SD/MI, SMP/ MTs, dan SMA/MA. Jakarta: Kementrian Pendidikan Na-sional.

Rahmiyati, S. 2008. The Effectiveness Of Laboratory Use In Madrasah Aliyah In Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pen- didikan, 9 (1): 100. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/viewFile/1420/1208), diakses 29 Oktober 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.