Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX di Metro

Dina Afriani Putri, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The study aims to identify students learning styles, correlation between student learning styles, and the related factors. The research samples using cluster random sampling technique of IX grade students with total samples were 318 students. Qualitative data were factors information and quantitative data which were learning styles and the achievement scores that were obtained from questionnares, interview, and tests. The data were analyzed by using Kolmogorov-Smirnov, linearity test, and product moment correlation test. The result showed that there were three ways of learning styles that the most widely used by students: reading (54,40%), listening (29,56%), and Speaking and writing (12,26%). The correlation result indicates a high significant correlation between learning styles and learning achievements. The dominant learning factors that influence student learning styles were learning resources.

Penelitian bertujuan mengetahui cara belajar dan hubungan dengan prestasi belajar IPA, serta faktor yang berhubungan dengan cara belajar siswa. Desain penelitian berupa deskriptif-korelasional. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pada siswa kelas IX di Metro Pusat dengan total sampel 318 siswa. Data kualitatif berupa deskripsi hubungan antara cara belajar dengan prestais belajar IPA, dan deskripsi hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dengan cara belajar siswa. Data kuantitatif berupa nilai angket dan nilai tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov, uji linieritas, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan tiga cara belajar yang paling banyak digunakan yaitu membaca (54,40%), mendengar (29,56%), serta mengucap dan menulis (12,26%). Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan signifikan yang tinggi antara cara belajar dengan prestasi belajar. Faktor belajar yang dominan berhubungan dengan cara belajar siswa adalah sumber belajar.

Kata k#unci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., dan Purnamasari. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. 8 (1): 7. (Online), (http://s3. amazonaws. com/academia.edu.documents /3 8082763/448-567-1-PB. pdf di-akses 8 Oktober 2016).

Anderson, H.M. 2003. Dales Cone Of Experience. (Online). (https:// www.etsu.edu/uged/etsu1000/documents/Dales_Cone_of_Experience. pdf. 5 Desember 2015; 23:01 WIB).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyani, F., Mulyana, S., dan Asep, 2009. Pembelajaran Mendengarkan. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (Online). (http://jurnal.untan.ac. id./index.php/jpdpb/article/download/2231/2184, diakses 3 Desember 2015).

BNSP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPA SMP-MTs. (Online). (http:// bsnp-indonesia.org, diakses 5 November 2015).

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pen-didikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Feriady, M., Harnanik, dan S. Sunarto. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Ketrampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Siswa terhadap Minat Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal. 1(2): 1-7. (Online). (http:// journal. unnes.ac.id/ artikel_sju/pdf/eeaj/544/591. diakses 20 Mei 2016).

Hadi. 2004. Analisis regresi. Yogyakarta: Liberti.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsono, B., Soesanto.,danSamsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM. 9 (2): 78. (Online). (http://lib.unnes.ac.id/ 5454/4365A diakses 21 Mei 2016).

Hidayati. 2013. Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran Pada Mata Diklat Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi Di Smk Taman Siswa Sumpiuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 2 (1) : 39-40. (Online). (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/oikonomia/article/view/373. 28 diakses Oktober 2015).

Hofstein, A. 2007.The Laboratory in Chemistry Education : Thirty Years of Eperience with Developments, Implementatio, and Research. Laboratory prac-tical Work. 5 (3): 105-107. (Online). (https://pdfs.semantic-scholar. org/ 5c60/554d76462-feala2ad786e3ecd74e24bebde9. Pdf, diakses 5 Desember 2015).

Kurniadi, E. 2011. Penerapan Pem-belajaran Elektronika 1 Berbasis Konflik Kognitif Melalui Metode percobaan, Demonstrasi, Ceramah, dan Diskusi. Jurnal Pendidikan MIPA. 3 (1): 30. (Online). (http://e-journal.ikippgri. ac.id/ index.php/JP/article/ download/ 93 diakses 22 Oktober 2016).

Mappeasse, Y. M. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Ter-hadap Hasil Belajar Program-mable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 1(2): 5. (Online), (http://ft-unm.net/ medtek/Jurnal/Vol.01_No.2_Oktober/202009/M.YusufMappeasse.pdf) diakses 20 September 2016).

OECD. 2015. PISA 2015 Result in Focus, What 15-years-olds Know and what they can do with what they know. (Online). (http:// www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf, diakses Oktober 2015.)

Rahayu, Mulyani, dan Miswadi. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Mengguna-kan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal pendidikan IPA Indonesia. 1(1): 64. (Online). (http//journal.unnes. ac.id/nju/index.php/jpii/2015 diakses 27 Oktober 2015; 22:26 WIB).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2010. Metode Penelitian Pen-didikan Tindakan Kelas. PT. Jakarta: Bumi Aksara.

Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 25 (2): 101. (Online). (http://journals.ums .ac.id/index. php/jpis/article/view /1532. diakses 21 September 2016).

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Prak-tek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, E. D. 2012. Pengaruh peman-faatan Internet dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pres-tasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012. Naskah Publikasi. (Online). (http:// eprints.ums.ac.id/19165 /9/11._Jurnal_Publikasi.pdf. diakses 3 Desember 2016).

Wisudawati, dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajara IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.