Analisis Pelaksanaan dan Permasalahan Praktikum Materi Organisasi Kehidupan di SMP se-Kecamatan Enggal

Lia Lestari, Berti Yolida, Arwin Achmad

Abstract


The purpose of this study was to analyze implementation and problems of practical work on the life organization concepts. The samples were sains teachers in VII junior high school of Enggal district which was doing practical life organization which chosen by purposive sampling. The design used was exploratory research. The type of data was descriptive research. The accumulation data techniques used questionnaires, interviews, and observations. The data were analyzed descriptively qualitative Miles and Hubermans model. The research result showed about practical work implementation were responses teachers included excellent criteria, responses students included good criteria, score of step practical work implementation and arranging of worksheets students included good criteria. The problem of practical work such as ineffective time alocation, there was no laboratory assistant, lack of microscope, and practical guide using students handbook. According to the result, concluded implementation of life organziation practical work in junior high school of Enggal district was very good criteria although there are the problems practical work

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan praktikum materi organisasi kehidupan. Sampel penelitian adalah guru IPA kelas VII SMP se-Kecamatan Enggal yang melakukan praktikum materi organisasi kehidupan secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain riset eksploratori. Jenis data berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum tanggapan guru berkriteria sangat baik, tanggapan siswa berkriteria baik, hasil observasi tahapan pelaksanaan praktikum dan penilaian penyusunan LKS praktikum/LKPD praktikum berkriteria baik. Permasalahan pelaksanaan praktikum yaitu waktu pelaksanaan praktikum kurang efektif, tidak adanya laboran, mikroskop yang kurang memadai, dan petunjuk praktikum menggunakan buku siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Enggal terlaksana dengan kriteria sangat baik walaupun terdapat permasalahan praktikum.

Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum


Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supatmo. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akyuni. 2010. Efektivitas Pembela-jaran Praktikum Kimia Materi Pokok Reaksi Kimia dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP IPA (Islam Plus Assalamah) Ungaran. Skripsi. Semarang: IAIN Wali Songo.

Atnur, W. N. 2015. Analisis Pelaksanaan Praktikum IPA Biologi Kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri se-Kecamatan Lubuk Begalung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal UMP. (Online), (https://ejournal.unp.ac. id/index.php/kolaboratif/article/download/5037/3988, diakses tanggal 19 Oktober 2017).

Demircioglu, G. dan M. Yadigaroglu. 2011. The Effect Of Laboratory Method On High School Students Understanding Of The Reaction Rate. Turkey Journal Western Anatolia Journal of Educational Science: 5(2): 509-516. (Online), (https://webb.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/509-516, diakses tanggal 20 Oktober 2017).

Emzir. 2011. Analisis Data: Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayati. 2012. Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyu putih Batang. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Khamidah, N. dan N. Aprilia. 2014. Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Jupemasi Pbio 1(1): 5-8. (Online), (https://www.researchgate.net/...283506279_Evaluasi_Program_Pelaksanaan_Praktikum, diakses tanggal 18 Oktober 2016).

Litasari, K. N., N. Setiati, dan L. Herlina. 2014. Profil Pembe-lajaran Biologi Berbasis Praktikum dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siwa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Biology Education 3(1): 172-179. (Online), (https://de.scribd.com/document/332598 343/4457-1-9153-2- 10-20160 325, diakses tanggal 19 Oktober 2016).

Maulina, D. 2008. Profil Kemampuan Guru-Guru IPA SMP se-Bandar Lampung dalam Melakukan Kegiatan Prak-tikum. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Lampung. (Online). (https://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/5850, diakses tanggal 24 Oktober 2016).

Munandar, K. 2016. Pengenalan Laboratorium IPA-Biologi Se-kolah. Bandung: Revika Aditama.

Paramita, A. 2016. Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Prak-tikum Biologi di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Permendiknas. 2007. Peraturan Mendiknas no 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Rezeqi. 2014. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS Universitas Medan 9(1): 577-587. (Online), (https://digilib.unimed.ac.id/4837/1/Fulltext, diakses tanggal 20 Oktober 2016).

Suainah, N. 2014. Pengelolaan Laboratorium IPA di Sekolah Menengah Negeri 1 Surakarta. Tesis. Surakarta: UMS.

Sulistyorini. 2007. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.

Tesch, M. dan R. Duit. 2004. Experimentieren im Physikunterricht - Ergebnisse einer Videostudie. Zeitschrift fr Didaktik der Naturwissenschaften, 10: 7-28. (Online), (ftp://ftp.rz.unikiel.de/pub/ipn/3.TeschDuit_051-070., diakses tanggal 22 Oktober 2016).

Wisudawati, A. dan E. Sulistyowati. 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zikrika. 2015. Efektivitas Penggunaan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.