IDENTIFIKASI UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON
Abstract
This study aims to describe Mid-semester and end-of semester Biology test according to test and taxonomic bloom revision Anderson et al. The samples were 7 biology teachers who teach in high school sub district Gadingrejo with saturated sampling technique. The data were cognitive dimensions and test. The data analysis used t-test or U-test by using computer program spss 17.0 for windows with probability p-value > 0.05, so H1 is accepted. The result on Mid-semester test showed there was significant difference on public and private schoolson C2 factual and conceptual. Whereas C1 and C3 on Mid-semester test and all cognitive aspects on end semester test showed there is no significant difference and all tests are dominated by plural choie.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan soal tes UTS dan UAS mata pelajaran biologi berdasarkan bentuk soal dan taksonomi Bloom revisi Anderson dkk. Sampel penelitian adalah 7 guru biologi yang mengajar di SMA se-Kecamatan Gadingrejo dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Data berupa jumlah soal tiap jenjang kognitif dan bentuk soal, kemudian analisis dilakukan dengan uji perbedaan menggunakan uji-t atau uji-U menggunakan program SPSS 17.0 for windows dengan ketentuan p-value > 0.05, maka H1 diterima. Hasil penelitian soal UTS, dimensi kognitif yang memiliki perbedaan antara sekolah negeri dan swasta adalah C2 faktual dan konseptual. Sedangkan dimensi kognitif C1 dan C3 pada soal UTS serta pada semua dimensi kognitif soal UAS, tidak terdapat perbedaan signifikan dimana seluruh soal didominasi dalam bentuk pilihan jamak.
Kata kunci : aspek kognitif, aspek pengetahuan, taksonomi Anderson
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., D. R. Krathwohl, P. W. Airasian, K. A. Cruikshank, R. E. Mayer, P. R. Pintrich, J. Raths, dan M. C. Wittrock. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pem-belajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arti, E. P. N. dan Hariyatmi. 2015. Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Dalam Pembuatan Soal Hot (Higher Order Thinking) Di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Jurnal.(Online).(http://eprints.ums.ac.id/ 33446/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses pada 26 Oktober 2015;13.10 WIB).
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan: komponen MKDK- cet. 6. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Giani, Zulkardi, dan C. Hiltrimartin. 2015. Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sriwijaya.
Hamalik, O. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.
Herlanti, Y. dan Nopitalia. 2008. Meneropong Kualitas Soal Tes Buatan Guru Biologi MTs Negeri se-Jakarta Selatan. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Kertayasa, K. 2015. PISA. (Online).(http://www.indonesiapisacenter.com).diakses pada 28 Agustus 2015. Pukul 19.10 WIB.
Purwanto, N. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Phopam, W. J. 2011. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rusyati, L., N. Rustaman, dan Saefudin. 2013. Pengem-bangan Soal Pilihan Ganda Berpikir Kritis Inch dan Profil Pencapaiannya di SMA Negeri Kota Bandung pada Tema Penyakit Manusia. Bandung: Pendidikan Biologi UPI Bandung.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Siswanto. 2006. Penggunaan Tes Essay Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Akuntansi Pendidikan Indonesia.(journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/viewFile/2710/2258).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan r&d. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Umar, J., I. Lutfi dan Miftahuddin. 2010. Tren Prestasi Matematika dan IPA pada TIMSS Tahun 1999, 2003, dan 2007. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.
Uyanto, S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS Edisi 3. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widodo, A. 2006. Profil pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran sains. Bandung: Jurnal Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.