GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMP
Abstract
The study aim was to describe the learning style based on gender and its correlation with students learning achievement. Design research was a qualitative descriptive. The research samples were 259 students of class VIII SMP Tanjung Karang Barat sub-district that were selected by purposive sampling. The research data were learning styles and learning achievement, that were obtained from questionnaires and written tests, data were analyzed descriptively and statistically using different test Mann-Whitney U and Kendall's Tau correlation test. As a result, auditory learning styles more dominant than the visual and kinesthetic learning styles. On test Mann-Whitney U there was no significant difference between the auditorial learning styles of male and female students. There was significant differences between visual learning styles and kinaesthetic learning styles among male and female students. There was no significant correlation between learning styles with learning achievement of male and female students.
Keywords: gender, learning style, learning achievement, science learning
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar ber-dasarkan gender dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian berupa deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 259 siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tanjung Karang Barat yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa gaya belajar dan hasil belajar, diperoleh dari angket dan tes tertulis pilihan jamak, dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan uji beda Mann-Whitney U dan uji korelasi Kendalls Tau. Hasilnya, jumlah siswa dengan gaya belajar audiotorial lebih dominan dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik. Pada Uji Mann-Whitney U tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar auditorial antar siswa laki-laki dan perempuan, terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik antar siswa laki-laki dan perempuan. Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan.
Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajar, pembelajaran IPA
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H, A. dan Supriyono W. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ali. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online), (http://eprints.walisongo.ac.id/453/2/083811037_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 15:00 WIB).
Cholisoh, L. 2014. Pengaruh Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) dan Small Group Discussion (SGD) Serta Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri. Skripsi.
Damayanti, A. K. 2012. Gaya Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, (2): 88-98. (Online), (http://eprints.walisongo.ac.id/451/2/083811029.pdf, diakses 26 Mei 2016, 16.00 WIB).
Depdiknas. 2006. Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online), (http://BSNP.isi-dps.ac.id, di-akses pada 16 November 2015, 08.30 WIB).
DePorter, B. & Hernacki, M. 2003. Bandung: Kaifa.
Fadjar, A. M. 1999, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan.Cet II.
Gardner, E. 2014. Gaya Belajar and Academic Performance. Skrip-si. (Online), (http:// udallas. edu/udjs/departments/psychology/2014-2015/gayabelajar, di-akses 15 Desember 2016, 08:30 WIB).
Husain , & Azizah A. S. 2013. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Universitas Negeri Gorontalo.Skripsi.
Latif, A. I. 1996. Pengembanagan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Menghadapi Era Pasar Bebas, Jakarta: DPP HIPPI.
Lukum, A. 2013. .Evaluation of Science Learning Supervision on Secondary School, International Journal of Edu-cation Vol. 5(74): 61-81. (Online), (http://medind.nic.in, diakses pada 14 Desember 2016, 10:15 WIB).
Margono. S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Ci.
Mite, Y. 2016. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Katolik Santa Maria Malang Berbasis Skor Terkoreksi Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Group Investigation (Gi). Universiatas Negeri Malang. Skripsi.
Pamungkas, S. B. 1993, Dengan Sumber Daya Manusia dan IPTEK Mengatasi Kemiskinan, Mencapai Kemandirian, Jakarta: Seminar Dan Seresahan Teknologi.
Prashnig, B. 2007. The power of learning style: memacu anak melejitkan prestasi dengan mengenali gaya belajarnya. Bandung: Kaifa.
Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Puskur. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Balitbang.
Putri, W. A. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, Dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Surabaya: universitas negeri surabaya. Skripsi.
Qodriyah, A. 2011. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IVMi Miftakhul Akhlaqiyah. Semarang : Institut Agama Islam Walisongo. Skripsi.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rose, C. & Nicholl, M. J. 1997. Accelerated Learning For The 21 Centuri Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: PT Nuansa.
Suastra, I W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. 2010. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum Untuk Yang Ingin Cepat Terampil Menulis kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilo, M. Djoko. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: PINUS.
Wijayanti, I. O. 2013. Perbedaan Gaya Belajar Antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan dalam Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi.
Wulandari, M. 2014. Analisis Gaya Belajar Siswa dan Hubungannya dengan Hasil Belajar BiologiSiswa Kelas XI Di SMA Negeri I Kota Jambi.Universitas Jambi. Jurnal Education. Online), (http://academicjour-nals.org, diakses pada 18 November 2016, 14:00 WIB).
Yusnabawi. 2014. Gaya Belajar Siswa laki-Laki dan Perempuan SMA Negeri 3 Tanjung Medan. (digilib.ac.id, diakses pada 19 Desember 2015, 10.15 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.