PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG

Gina Oktavia Utami, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The studys aim was to find the profile of students questioning skill and quality of students questioning on biology learning. This study was descriptive simple and the samples were students of class X Science 3, X Science 5, X Science 6, XII Science 1 XII Science 2, and XII Science 3 senior high school 3 Bandar Lampung. Research data were qualitative that were obtained from qualitative observation and than analyzed with the percentage of data using analysis descriptive. The results showed that questioning skill students were low (47,37%). The quality of questioning skill was low (40,97%). Male students were more often (26,8%) asking question than female students (14,17%).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa dan kualitas bertanya pada pembelajaran Biologi. Desain penelitian adalah deskriptif sederhana dengan sampel siswa kelas X IPA 3, X IPA 5, X IPA 6, XII IPA 1, XII IPA 2, dan XII IPA 3 SMAN 3 Bandar Lampung. Jenis data penelitian merupakan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan kemudian dihitung menggunakan rumus analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan bertanya siswa berkategori rendah (47,37%). Kualitas pertanyaan yang diajukan siswa laki-laki dan perempuan tergolong kedalam kategori rendah (40,97%). Siswa laki-laki lebih banyak bertanya (26,8%) dibandingkan dengan siswa perempuan (14,17%).

Kata kunci: keterampilan bertanya, kualitas pertanyaan, pembelajaran biologi



Full Text:

PDF

References


Agustina, P. 2015. Problem Posing Card (PPC): Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa. (Online), (https://www. agustina.wordpress.com, diakses 18 Juni 2016 pukul 10.30 WIB).

Amiruddin. 2008. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Kelengkapan Fasilitas Belajar Siswa Sub Bidang Studi Sejarah Pada SLTP Darussadah Raya Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan serambi Ilmu. 6(1): 5-10. (Online), (http://fkip.serambimekkah. ac.id/, diakses 13 September 2016, 15.40 WIB.

Ayu, P., Nurjaya, I., dan Sriasi. A. 2015. Analisis Keterampilan Bertanya Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1): 8-9. (Online), (http://ejournal. undiksha.ac.id/, diakses 22 November 2016, 18.09 WIB).

Djamarah, S., dan Zain, A. 2008. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fuad. 2008. Pengantar Bisnis, edisi keenam, cetakan ketigabelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanifah, H. 2014. Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. 3(1): 1-12. (Online), (http: //diglib. Unila.ac.id/, diakses 10 Desember 2015 pukul 20.03 WIB).

Hisyam, Z. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Iswindarti, P. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Jacobsen, D. A., Eggen P. dan Kauchak, D. 2009. Methods For Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Edisi ke delapan (penerjemah Fawaid, A. dan Anam K). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karwapi, M. 2012. Keunggulan dan Kelemahan Metode Ceramah dalam Pembelajaran di Kelas. (Online), (http://karwapi. wordpress.com, diakses 28 Desember 2016, 16.05 WIB).

Kemendikbud. 2013. Pengembangan kurikulum 2013. Paparan mendikbud dalam sosialisasi kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Unnes Science Education Journal. 1(2): 204-210. (Online), (http://journal. Unnes.ac.id/ index.php/jpii/, diakses 23 Maret 2016, 19.08 WIB).

Mursiti. 2007. Pembelajaran Dengan Penyajian Peta Konsep Sebagai Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Biosintesis Alkaloid Pada Mata Kuliah Kimia Organik Bahan Alam Di FMIPA Universitas Negeri Malang. Jurnal Pembelajaran Kimia. 4 (2): 1-11. (Online), (http://www.e-journal. um.ac.id/, diakses 10 Januari 2016).

Partin, R.L. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Royani, M, dan Muslim,B. 2014. Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. Edumat Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 22-28. (Online), (http://ppjp. Unlam. ac.id/, diakses 25 Januari 2016, 19.07 WIB).

Sary, Y.N.E. 2015. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Yuliani. 2014. Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender Dan Taksonomi Bloom. Jurnal Bioterdidik. 3(1): 1-10 (Online), (http://diglib. Unila.ac.id/, diakses 10 Desember 2015, 19.30 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.