Gaya Belajar Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar IPA
Abstract
The study aim was to describe the learning style based on gender and its correlation with students learning achievement. Design research was a qualitative descriptive. The research samples were 348 students of class VIII SMP Labuhan Ratu sub-district that were selected by purposive sampling. The research data were learning styles and learning achievement, that were obtained from questionnaires and written tests, data were analyzed descriptively and statistically using different test Mann-Whitney U and Kendall's Tau correlation test. As a result, auditory learning styles more dominant than the visual and kinesthetic learning styles. On test Mann-Whitney U there was no significant difference between students learning styles of male and female students. There was no significant correlation between learning styles with learning achievement of male and female students.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar berdasarkan gender dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian berupa deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 348 siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Labuhan Ratu yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa gaya belajar dan hasil belajar, diperoleh dari angket dan tes tertulis, dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan uji beda Mann-Whitney U dan uji korelasi Kendalls Tau. Hasilnya, gaya belajar audiotorial lebih dominan dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik. Pada Uji Mann-Whitney U tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan. Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan.
Kata kunci: gaya belajar, gender, hasil belajarFull Text:
PDFReferences
Ali. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online), (http://eprints.walisongo.ac.id/453/2/083811037_Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20:20 WIB)
Ariyani, F., M. Suyatno, dan Asep, 2009. Pembelajaran Mendengarkan. (Online), (http://stainpamekasan.ac.id, diakses 3 Januari 2017, 13:17 WIB)
Carolina. 2011. Computer Learning Style (CSE) Mahasiswa Akutansi Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Berdasakan Gender. (Online), (http://spamanika.unika.ac.id/index.php/jab/article/view/32, diakses pada 14 Mei 2016, 21:51 WIB)
Deporter. 2010. Quantum Learning. (Online), (http://eprints. walisongo.ac.id/451/2/083811029_Bab1.pdf, diakses 22 Maret 2016, 15:05 WIB)
Gardner, E. 2014. Gaya Belajar and Academic Performance. Skripsi. (Online), (http://udallas.edu/udjs/departments/psychology/2014-2015/gayabelajar, diakses 22 Desember 2016, 10:19 WIB)
Gunawan. 2010. Gaya Belajar. (Online), (http://repository.uks w.edu/bitstream/12345678/3628//t1_202009061_bab%20II.pdf, diakses 21 November 2016, 13:05 WIB)
Hadaning, G. 2014. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas X SMA Al-Azhar Menganti Gresik. Skripsi. (Online), (http://uinsby.ac.id, diakses pada 24 Desember 2016, 15:20 WIB)
Hairida dan Marhaeny. 2012. Prestasi Belajar. (Online), (http:// www. academia.edu/9858450/Bab_I_ Pendahuluan _A._ Latar_ Belakang_Penelitian, diakses 7 April 2016, 17:05 WIB)
Handayani. 2012. Strategi Pem-belajaran IPA. (Online), (http:// eprints.uny.ac. id/9741 /5/ Bab%202%20-%20081082 441 36.pdf., diakses pada 30 Maret 2016, 19:30 WIB)
Harry. 2010. Interaksi Guru dan Siswa Penting dalam Proses Belajar Mengajar. (Online), (http://www.umy.ac.id/interaksi-guru-dan-siswa-penting-dalam-proses-belajar-mengajar. html, diakses 20 Mei 2016, 10:15 WIB)
Hui. 2007. Prestasi IPA. (Online), (http:/www. academia. edu/98 58450, diakses 31 Maret 2016, 12:15 WIB).
Kumar, R dan Roshan, L. 2006. The Role of Learning Style and Gender Difference among the Adolescents Journal Education. Vol. 32 (1): 249-254. (Online), (http://medind.nic.in, diakses pada 24 Desember 2016, 13:06 WIB)
Lloyd, J. E. V., John W, dan Manizheh S, Y. 2005. Sex Differences in Performance Attributions, Learning Style, and Achievement in Mathema-tics: If Im So Smart, Why Dont I Know It. Journal Education. Vol 4: 384-408). (Online), (http://eric.ed.gov, diakses pada 24 Desember 2016, 13:07 WIB)
Mahyuddin. 2006. Hubungan Gaya Belajar dan Hasil Belajar. (Online), (http://repository.uinjkt. ac.id/dspace/bitstrea /123456 789/1790/1/hanny%20ishtifa-fps.pdf, diakses 25 Desember 2016, 08:20 WIB)
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Mohamad, J. 2011. Learning Styles and Overall Academic Achievement in a Specific Educational System. International Elektronic. Journal Education. Vol 1 (10): 255-265. (Online), (http://jouna leducation.ac.id, diakses 22 Desember 2016, 13:05 WIB)
Mukhid, A. 2009. Gender. Jurnal Ilmu Pendidikan Malang. Vol. 4 (1): 106-122). (Online), (http://stainpamekasan.ac.id, diakses pada 20 Oktober 2016, 13:30 WIB)
Nuyami, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Gaya Belajar Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Science Malang. Vol. 4 (5): 210-216. (Online), (http://stainpame-kasan.ac.id, diakses pada 3 Oktober 2015, 06:17 WIB)
Petrie, Murray. 2009. Telaah Dan Riset Akutansi. Jurnal Kependidikan Yogyakarta. Vol 5 (10): 115-122. (Online), (www.jurnal.unsyiah.ac. id/T RA/article/download/336/321, diakses 14 Desember 2016, 22:20 WIB)
Pritama, Y. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Kependidikan Yogyakarta. Vol. 1 (1): 56-60. (Online), (http:// portalgaruda.org, diakses 31 Maret 2016, 18:15 WIB)
Purwandari. 2010. Jenis Kelamin. (Online), (http://digilib.upi. edu /administrator/fulltext/d_pk_029735_ingridwati_kurnia _chapter1.pdf, diakses 24 Desember 2016, 13:05 WIB)
Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. (Online), (http://eprints.wali so ngo.ac.id/453/2/08381 14005_ Bab3.pdf, diakses 13 Maret 2016, 20:20 WIB).
Santrock, J.W. 2011. Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan Malang. Vol 2 (1): 22-34). (Online), (http://jhse. ua.es, diakses 31 Maret 2016, 20:10 WIB)
Sinaga, D. 2014. Pengaruh Cara Belajar Siswa dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. 1 (1): 27-34. (Online), (http://akademik.Uhn.ac. id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan/Volume01(1)September2014/04%20Dearlina.pdf, diakses 28 November 2016, 12:15 WIB)
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susilo, J. 2009. Gaya Belajar Visual. (Online), (http://www. kom pasiana.com/joko_supriono/gaya-belajar_552ffcbb6ea834e67 c8b45b7, diakses 12 November 2016, 15:05 WIB)
Tiur. 2007. Gaya Belajar. Skripsi. (Online), (http://cs.upi.edu/pa per_skripsi/model_pembelajar an_gaya_belajar.pdf, diakses 30 Maret 2016, 17:56 WIB)
Widiyatmoko. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Williams, J.W. 2014. Gender Diffeences in School Child-rens Learning Style Beliefs: Students and Teachers Pers-pectives. Journal Education. Vol. 9 (1): 75-82). (Online), (http://academic jour-nals.org, diakses pada 24 Desember 2016, 13:08 WIB)
Yuliani, S. 2013. Perbedaan Gender dalam Penguasaan Bahasa Dipandang dari Psikologi Pendidikan. Skripsi. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index. php/pedagogi, diakses 6 Februari 2016, 11:45 WIB)
Yuliningsih, R. 2009. Pengaruh Sikap, Motivasi Belajar dan Gender Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan. Skripsi. (Online), (http://uny. ac.id, diakses pada 20 November 2016, 06.17 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.