PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA SD NEGERI 2 RAJABASA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Sherly Aprillia Putri, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The research purpose was to describe the ability of cooperative and the cooperative pattern among students at grade IV and V in Elementary School 2 Rajabasa Bandar Lampung in 2015/2016. This research used simple descriptive design. The sample of the research were fourth grade and fifth grade that were 94 students that chosen by using purposive sampling. The qualitative data were cooperative ability and students cooperative pattern that were obtained from observation sheets, students questionnaire, teachers interview, and documentation. Data was analyzed descriptively. The result of the research showed that students cooperative ability in science learning has high criteria and the score was 72,23%. Aspect of obey the rules was the highest percentage of students cooperative ability that was 77,49% with high criteria. There were four pattern of students cooperative pattern formed. The dominant cooperative pattern was spontaneous.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV dan V berjumlah 94 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data kualitatif berupa kemampuan dan pola kerjasama siswa, diperoleh dari lembar observasi, angket siswa, wawancara guru, serta dokumentasi, data kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA berkriteria tinggi dan total skor sebesar 72,23%. Aspek taat aturan merupakan aspek kemampuan kerjasama siswa dengan persentase tertinggi yaitu 77,49% berkriteria tinggi. Pola kerjasama siswa yang terbentuk terdapat empat pola kerjasama. Pola kerjasama paling dominan yaitu pola kerjasama spontan.

Kata kunci: diskusi, kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama



Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Azis, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa. (Online), (http://journal.unnes.ac. id, diakses 08 Juni 2016; 21.32 WIB).

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA Kelas IV. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Dit. Dikmenjur.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsan, F. 2014. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Peserta Diklat Melalui Pembelajaran Kolaboratif. (Online), (http:// bkddiklat. ntbprov.go.id/wpcontent /uploads/2014/09/ Meningkatkan-Keterampilan- Kerjasama-Peserta-Diklat-Melalui-Pembelajaran-Kolaboratif.pdf, diakses tanggal 31 Januari 2016. pukul 19.24 WIB).

Kemendikbud. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumah, W. dan D. Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Lie, A. 2005. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Margono, G., Sudaryono., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.

Nurhidayati. 2010. Pengembangan media pembelajaran bahasa jawa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputra, H. 2013. Dalang Dibalik Kasus Tawuran Antar Siswa Sekolah Dasar. (Online), (http:// www.kompasiana.com /saefulm/dalang-dibalik-kasus- tawuran-antar-siswa-sekolah-dasar 552c6d 26ea8340d7c8b4569). diakses tanggal 10 Maret 2016. Pukul 20.45 WIB.

Soekanto, S. 1990. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suliana. 2013. Kemampuan Kerjasama Siswa Menggunakan Metode Diskusi Dengan Media Gambar. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yulianti, D dan Fianti. 2010. Penerapan Model Bermain Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Sains Siswa Sekolah Dasar. (Online), (http:// download.portalgaruda.org/ article.php, diakses tanggal 03 Juni 2016; 14.30 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.