IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN

Kartika Fandiyani, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aim was to describe students' misconception in the concept of plants photosynthesis and respiration and all factors that affected students' misconception. This research used descriptive design. The Samples were 351 SMP students of VIII grade at Tumijajar district academic year 2015/2016 which were chosen by using purposive sampling technique. Data were collected by multiple choicetest and student questionnaire. The test result were analyzed using the CRI, while the student questionnaire were analyzed using Pearson correlation test. The result of data analysis showed that students get misconception that was 57,30% with "adequate" criteria. The misconception was commonly on respiration concept with the "high" criteria (62,10%). Pearson correlation test results showed that the factors correlated to students' misconceptions that was motivation factor. There are only 16,24% students who have learned about plant photosynthesis and respiration concept on their home before learning with teacher of the school.


Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan, serta faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa. Desain penelitian dengan desain penelitian deskriptif. Sampel terdiri atas 351 siswa kelas VIII SMP se- Kecamatan Tumijajar pada tahun ajaran 2015/2016 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes CRI dan angket siswa. Hasil analisisdata menunjukkan rerata miskonsepsi siswa kelas VIII se-kecamatan tumijajar sebesar 57,30% dengan kriteria sedang. Miskonsepsi paling sering terjadi pada konsep respirasi dengan kriteria tinggi (62,10%). Hasil uji korelasi pearson angket siswa menunjukkan faktor yang berkorelasi terhadap miskonsepsi siswa yaitu faktor motivasi siswa. Hasil angket menunjukkan hanya sebesar 16,24% siswa yang belajar konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan dirumah sebelum belajar bersama guru disekolah.

Kata kunci : CRI, faktor miskonsepsi, fotosintesis, miskonsepsi, respirasi


Full Text:

PDF

References


Campbell, N.A., Jane B. Reece, And Lawrence G. Mitchell. 2002. Biologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Cokadar, H. 2012. Photosynthesis and Respiration Processes: Prospective Teachers Con-ception Level. Education And Science Journal. 37 (164): 1-14 (Online), (http://egitim-vebilim. ted.org.tr/,diakses 15 Januari 2015. Pukul 00.46 WIB).

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Hakim, A., Liliasari., and Asep K. 2012. Student Concept Understanding Of Natural Product Chemistry In Primary And Scondary Metabolies Using The Data Collecting Technique Of Modified CRI. International Online Journal Of Education Sciences. 5(34):1-8 (Online), (Http://Www.Iojes.Net//Userfiles/Article /IOJES_915.Pdf, diakses 05 Febuari 2016.Pukul 21:50 WIB).

Hasan, S., D. Bagayoko., And E. Kelley. 2005. Misconceptions And The Certainty Of Response Index (CRI). Physics Education. The Timbuktu Academy, Southern University And A&M College,Baton Rouge, LA 70813, USA. 34(5): 1-7. (Online), (http:// library. macewan.ca, diakses 05 Febuari 2016. Pukul 21:55 WIB).

Iriyanti, N. P., Sri M., dan Sri R. 2012. Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Pokok Wujud Zat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bawang Tahun Ajaran 2009/2010. 01(1): 1-6 (Online), (Http://Download. Portalgaruda. Org/Article.Php?Article=107581&Val=4061, diakses 17 Febuari 2016. Pukul 18.53 WIB).

Kardi, S. 1997. Miskonsepsi Terhadap Konsep-Konsep Biologi,Kemungkinan Penyebab dan Cara Penanggulangannya. Jurusan Biologi FMIPA IKIP Surabaya. (Online). (http:// digilib.unipasby.ac.id/, diakses 15 Januari 2015. Pukul 09.46 WIB).

Kimball, J.W. 2002. Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: Erlangga.

Kose. 2008. Diagnosing Student Misconceptions: Using Draw-ings As Aesearch Method. World Applied Science Journal Pamukkale University. 3 (2): 1-12. (Online), (http://akbis .pau.edu.tr, diakses 15 Januari 2016. Pukul 01.09 WIB).

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling Universitas Negeri Padang. 2 (1): 27-31. (Online), (http://ejournal.unp.ac.id, di-akses 23 November 2016: 21.34 WIB).

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suhartiningsih, R.T., Sugiyono., Dan E. Uliyanti. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahu-an Alam Dengan Menggunakan Metode Demon-strasi Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Tanjung-pura. Pontianak. 5(1): 1-14 (Online), (Http://Jurnal. Untan. Ac.Id/Index.Php/Jpdpb /Article/View/13142/11895,diakses 12 Januari 2016.Pukul 19:17 WIB).

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo:

Tayubi, Y. R. 2002. Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Fisika Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Penelitian. 24(3) :1-6(Online), (Http://File.Upi.Edu/Direktori/ jurnal/jurnal_mimbar_pendidikan/mimbar_no_3_2005/Identifikasi_Miskonsepsi_Pada_KonseKonsep_Fisika_Menggunakan_Certainty_Of_Response_Index_%28CRI%29. Pdf,diakses 15 Januari 2016. Pukul 00.56 WIB).

Tekkaya, C. 2002. Miskonception As Barrier To Understanding Biology. Jurnal Of Hacettepe Universitesi Ankara.01(23): 1-8 (Online), (Http://Www. Efdergi. Hacettepe.Edu.Tr/ Yonetim/ Icerik/Makaleler/971-Published .Pdf, diakses 15 Januari 2016. Pukul 20:30 WIB).

Tyas, R.N., Sukisno., Dan Mosik. 2013. Penggunaan Strategi Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Memperbaiki Mis-konsepsi Fisika. Jurnal Pen-didikan Kimia. 01(01) : 1-41(Online), (Http://Jurnal. Unimus.Ac.Id/Index. Php/ JPKI MIA/Article/ View/1374, di-akses 15 Januari 2016. Pukul 20:40 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.