IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI IPA KELAS VII SMPN 2 BUAY BAHUGA
Abstract
The purpose of research was to know the misconception of Biology on seventh grade students. The design was descriptive. Quantitative data were result of multiple choices test and essay that was analyzed by Certainty of Response Index (CRI) method. Qulitative data were the result of interview about misconception from science teachers. Samples thorough were VIII1 and VIII2 student that used simple random sampling. The result of research was 55% students misconception on all cocept in second semester. Misconception based on student CRI criteria answer was 13,28. With persentage of misconception that was 22,89% (low criteria). Misconception was dominanted in sub concept of ecosystem. Therefore, it can be concluded that concept of science that had frequently misconception was ecosystem.
Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi materi IPA Biologi dan materi IPA yang paling banyak terjadi miskonsepsi pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan kajian deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari tes soal pilihan jamak dan esay yang di analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Data kualitatif berupa hasil wawancara tentang miskonsepsi dengan guru pelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 semester genap yang dipilih dari populasi secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang miskonsepsi mencapai 55% dari seluruh jumlah siswa. Miskonsepsi berdasarkan kriteria jawaban CRI yaitu 13,28 dengan persentase miskonsepsi siswa yaitu 22,89% (kriteria rendah). Miskonsepsi didominasi pada sub konsep satuan-satuan ekosistem. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi yang paling banyak terjadi miskonsepsi adalah ekosistem.
Kata kunci : miskonsepsi, Certainty of Response Index, IPA BiologiFull Text:
PDFReferences
Adisendjaja, Y.H. 2007. Identifikasi Kesalahan Dan Miskonsepsi Buk Teks Biologi Umum. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/195512191980021-YUSUF_HILMI_ADISENDJAJA/KESALAHAN_DAN_MISKONSEPSI.pdf, diakses 11 Oktober 2015 pukul 20.00 WIB).
Iriyanti, N.P., S. Mulyani dan S.RD. Ariani. 2012. Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Pokok Wujud Zat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bawang Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal UNS. 1 (1): 1-13. (Online), (https://eprints.uns.ac.id/11416/1/85-282-2-PB.pdf, diakses 24 Mei 2016 pukul 11.00 WIB).
Murni, D. 2013. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). (Online), (http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/671/491, diakses 11 Oktober 2015 pukul 21.50 WIB).
Mustaqim, T.A., Zulfiani dan Y. Herlanti. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Pada Konsep Fotosintesis Dan Respirasi Tumbuhan. EDUSAINS. VI (02): 146-152. (Online), (http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1117/994, diakses 12 Oktober 2015 pukul 21.20 WIB).
Rahayu, P., S. Mulayani, dan S.S. Miswadi. 2012. Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal pendidikan IPA Indonesia. 1(1): 63-70. (Online) (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii, diakses 03 November 2015 pukul 22.00 WIB).
Sugiono. 2014. Metode Penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suniati, N.M.S., W. Sadia dan A. Suhandana. 2013. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Tehadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen Dalam Pembelajaran Cahaya Dan Alat Optik Di Smp Negeri 2 Amlapura). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. 4: 1-13. (Online), (http%3A%2F%2Fpasca.undiksha.ac.id%2Fe-journal%2Findex.php%2Fjurnal_ap%2Farticle%2Fdownload%2F1019%2F768&usg=AFQjCNFbAZSf2YLyf814x33EH9OXkLXJxQ, diakses 11 Oktober 2015 pukul 21.05 WIB).
Sutarmanto. 2012. Kompetesi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 16-31. (Online), (http%3A%2F%2Fjurnal.untan.ac.id%2Findex.php%2Fjvip%2Farticle%2Fdownload%2F42%2F40.%2520%255B21&usg=AFQjCNFGojyzkOxJNk6JsVOFk4W8obJmqQ, diakses 12 Oktober 2015 pukul 04.00 WIB).
Taufiq, M. 2012. Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa
Calon Guru Fisika Pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(2): 198-203). (Online), (http://jurnal.unnes.ac.id/index.php/jpii, diakses 11 Oktober 2015 pukul 11.00 WIB).
Tawil, M dan Liliasari. 2013. Berfikir Kompleks dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.