PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Rika Permatasari, Tri Jalmo, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This research purpose was to know the influence ofSTAD cooperative learningmodel towards students activities and learning outcomes. The research used non equivalent pretest posttest design. The sampleswere students of VIIb dan VIId class that were selected by purposive sampling technique. Qualitative data were obtained from learning activities observation sheets and students questionnaire responses that were analyzed descriptively. Quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed by using t- and U-test. The average of student learning activities percentage in all aspects in experiment class showed higher improvement than contro (experiment= 79,04; control = 73,96).The results showed that the average of learning outcomes in experiment class was higher than control class (experiment = 68; control = 44). Therefore, STAD cooperative learningmodel improved students activities and learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian menggunakan pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIb dan VIIdyang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji-U. Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 79,04; kontrol = 73,96). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa,(eksperimen = 68; kontrol = 44).Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model STAD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ghufron.2011. Penerapan Model STAD Terhadap Hasil Belajar.Bandar Lampung: Universitas Lampung

Kunandar, 2009.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. 2001.Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.