PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KBK DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Wasilatul - Hikmah, Tri Jalmo, Rini Rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of example non example model to critical thinking skills and students learning activities. This research was experiment study with pretest-posttest design non equivalent group. The samples were two classes from MTs N 3 Lampung Selatan that were selected by purposive sampling. The quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data were learning activities and students responses that were analyzed descriptively. The result showed that example non example model influenced in critical thinking skills. Indicators of giving argument (p 0,003 < 0,05), induction (p 0,000 < 0,05), and doing deduction (th (0,482) < tt (1,676)) have increased. Activities in experiment class was higher than control. Most of the students gave positive responses to learning model.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model example non example terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Penelitian menggunakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel adalah dua kelas dari MTs N 3 Lampung Selatan dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model example non example berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator memberikan argumen (p 0,003 < 0,05), melakukan induksi (p 0,000 < 0,05), dan melakukan deduksi (th (0,482) < tt (1,676)) mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran.

Kata kunci : aktivitas belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran example non example


Full Text:

PDF

References


Dasna, I. W. dan Sutisna. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Untuk SMTA. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamzah. 1981. Media Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohani, A. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman., K. Deni dan R. Cepi. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali pers.

Sadiman, A. S. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyaningsih, Y. 2013. Penerapan Metode Example Non Example Dalam Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Di SMP N 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Jurnal FMIPA UNS. Vol: 9, No: 2, (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb), 26 April 2015.

Suprijono, A. 2010. Coopperative Learning : Teori Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.