PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Betari Solihati, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to determine the profile of students science process skill (SPS). The samples were all students of class XI Science program which were selected by totalsampling technique. The qualitative data such as the descriptive of the SPS were obtained from observation sheet during the learning process and students responses questionnaire were analyzed descriptively. The quantitative data were obtained from the written test and students worksheets which contains all indicators of SPS analyzed descriptively. The results showed that the average of students SPS with good criteria which was 81.48. Classifying, communicating and predicting skills with good criteria which was 64,9, 67,3, and 66,8 also interpreting skill with medium criteria which was 45,2. Most of students gave positive responses to the implementation learning process. Thus, SPS profile of SMAN 5 Metros students in human motion system material with good criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains siswa (KPS). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang dipilih secara total sampling. Data kualitatif yaitu deskripsi KPS siswa diperoleh melalui lembar observasi selama pembelajaran dan tanggapan siswa diperoleh melalui angket lalu dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil yang diperoleh melalui LKS dan tes tertulis yang memuat semua indikator KPS, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata KPS siswa berkriteria baik yaitu 61,1. Keterampilan mengklasifikasikan, mengkomunikasikan dan memprediksi berkriteria baik, yaitu masing-masing sebesar 64,9, 67,3, dan 66,8 serta keterampilan menginterpretasi berkriteria sedang yaitu sebesar 45,2. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pembelajaran. Dengan demikian diketahui bahwa profil KPS siswa SMAN 5 Metro pada materi sistem gerak manusia berkriteria baik.

Kata kunci : keterampilan proses sains, interpretasi, klasifikasi, komunikasi, prediksi

Full Text:

PDF

References


Bryce, T.G.K., J. McCall., J. MacGregor., I.J. Robertson., dan R.A.J., Weston. 1990. Techniques For Assessing Process Skills In Practical Science: Teachers Guide. London, Oxford: Heinemann Educational Books.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamdiyati, Y dan Kusnadi. 2006. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis KerjaIlmiah Pada Matakuliah Mikrobiologi. Bandung: UPI.

Johnstone, F dan W. Robinson. 2012. An Instrument For Assesing Communication Skills of Healthcare and Human Services Students. The Internet Journal of Allied Health Science and Practice. (Online). Vol. 10, No. 4, hal2-3. . (http://ijahsp.nova.edu/articles/Vol10Num4/pdf/Johnston.pdf),diakses pada 13 Oktober 2015 : 12.13 WIB.

Margono. 1998. Strategi Belajar-Mengajar Buku 1. Surakarta: UNS Press.

Marliana. 2010. Bank Soal Biologi Kelas X (Online) (https://www.bomsoal.blogspot.com) diakses pada 15 Oktober 2015)

Rezba, R.J., C.S. Sprague., R.L. Fiel.,H.J. Funk., J.R. Okey., dan H.H. Jans.1995. Learning and Assessing Science process skills. Third Edition. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Rohaeni, M.A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Bandung: UPI

Rustaman, N.Y., S. Dirdjosoemarto., Y. Ahmad., S.A.Yudianto., D. Rochintaniawati., M. Nurjhani dan R. Subekti. 1992. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI & JICA IMSTEP.

Rustaman, N Y. 1995. Pengembangan Butir Soal Keterampilan Proses Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA. Bandung: IKIP Bandung. tidak diterbitkan.

Sagala, S. B. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saminan. 1995. Kemampuan Memahami Grafik dalam Fisika. Tesis. Bandung: Pascasarjana FPMIPA IKIP Bandung. Tidak Diterbitkan.

Semiawan. 1998. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Suja, I. W. 2005. Profil Kompetensi Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Buleleng. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sulastri, S. 2009. Sistem Gerak. (Online) (https://www.slideshare.net). Diakses pada 15 Oktober 2015.

Towle, A. 1989. Modern Biology (Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar). Jakarta: Grasindo.

Tubbs, L dan S. Moss . 2001. Human Communication Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warianto, C. 2011. Biologi Sebagai Ilmu. (Online), (http://skp.unair.ac.id/repository/guruindonesia/biologiSebagaiIlmu_ChaidarWarianto_25.pdf, diakses pada Oktober 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.