PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D ANOTRUS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ani Aminah, Rini Rita Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This research purpose was to know the influence of Anotrus 3D media toward the students activities and learning outcomes.The research used non equivalent pretest posttest design. The samples were students of VIIIA and VIIIB class that were selected by purposive sampling technique. Qualitative data were obtained from learning activities observation sheets and students questionnaire responses that were analyzed descriptively. Quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed by using t- and U-test. The results showed that the average of learning outcomes in experiment class was higher than control (experiment= 71,85; control = 54,48). The average of student learning activities percentage in all observed aspects in experiment class also showed higher improvement than control (experiment = 78,26; control = 66,33). Therefore, Anotrus 3D media could improve the students activities and learning outcomes on subject matter of the Human Motion Systems.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media 3D Anotrus terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian menggunakan pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis se-cara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes dianalisis meng-gunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 71,85; kontrol = 54,48). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 78,26; kontrol = 66,33). Dengan demikian, penggunaan media 3D Anotrus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem gerak manusia.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media 3D Anotrus, sistem gerak manusia


Full Text:

PDF

References


Aimmah, T. 2015. Pengaruh Multimedia interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ali maksum Krapyak Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Islam Su-nan Kalijaga.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

De Porter, B. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka.

Masripah. 2014. Pengaruh Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII di MTs Darul Ulum Palangkaraya. Palangkaraya: STAIN Palangkaraya.

Rinawati, D. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Pokok Keanekaragaman Ciri Makhluk Hidup Terhadap Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Siswa(Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 6 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2013/2014). (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru, Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saptaningtyas, Y. 2012. Modul Pelatihan Peningkatan Profesionalitas Guru-Guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Penguasaan Keterampilan Komputer Berbasis User Need Assesment (Online) (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/fitriana-yuli-saptanningtyas-spdmsi-/pengabdian.pdf, diakses pada 29 September 2015; 09.00 WIB.

Slameto. 1995 . Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sucipto. 2010. Penulisan Naskah Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer (Multimedia) (Makalah). Yogyakarta: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.