The Influence of Brand Equity, Price and Product Quality on Purchase Decisions for iPhone Brand Mobile Phones

Fakhira Arifin, Mustari Mustari, Muhammad Dinar, Nurdiana Nurdiana, Muhammad Hasan

Abstract


The purpose of this research is to see whether Brand Equity, Price, and Product Quality have partial and simultaneous effect on the Decision to Purchase Iphone Brand Mobile Phones in Minasatene Village, Pangkep Regency. This research is a quantitative descriptive study involving 50 participants. Information was collected by distributing Likert scale questionnaires. Descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis were used to analyze the data. The results of the study reveal that the variables of Brand Equity (X1), Price (X2), and Product Quality (X3) all have a positive and significant effect on the Purchase Decision (Y) of iPhone Brand Mobile Phones in Minasatene Village, Pangkep Regency.

Keywords: Brand equity, Price, Product Quality, Purchase Decision

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v6i1.31-41


Full Text:

PDF

References


Afrida Fatharani, (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kumpulan Referensi Terhadap Pilihan Beli Ponsel Blackberry. Buku Harian Organisasi Bisnis, Volume 2, Nomor 3, 1-15.

Ahmad, N., A, PGD, dan Zalicha, S. (2021). Pemeriksaan Pilihan Pembelian Apple IPhone Dibuat oleh Individu yang Tinggal di Jakarta Lebih Terkenal. Buku Harian Masalah Keuangan dan Bisnis, 8(2), 254-263.

Alana Aditya Yesika. (2013). Dampak Gambar Merek, Rencana, dan Elemen Item pada Pilihan Pembelian Ponsel Nokia. Buku Harian Masalah Keuangan, Volume 2, Nomor 2, 1-12.

Alwin Septana Manulang. (2020). Pengaruh Brand Value dan Cost pada Pilihan Beli Ponsel Oppo pada Mahasiswa Angkatan Kerja Ilmu Sosial, Sekolah Tinggi Sumatera Utara, 1-75.

Arianto, N., dan Albani, AF (2019). Dampak Kualitas Barang dan Biaya pada Pilihan Pembelian Ponsel di Samsung Store Shopping center Bintaro Trade. Logical Diary of Forkamma Papan, 1(3), 1-14.

Astuti, Sri Wahyuni dan Cahyadi, I Gde. (2007). Dampak Komponen Nilai Merek terhadap Kepercayaan Klien di Surabaya pada Pilihan Beli untuk Honda Cruiser. Surabaya, 1-20.

Badjama, FA (2019). Dampak Way of Life dan Nilai Merek Samsung di Kota Palu. Personalia Bidang Keuangan Kolese Alkhairaat Staf Bidang Keuangan Kolese Alkhairaat. Buku Harian Pola Aspek Keuangan, 7(2), 1-11.

Bayu Prawira, dkk. (2014). Pengaruh Kualitas Barang, Gambar Merek, dan Ketajaman Nilai Terhadap Minat Membeli Barang Hp Samsung Di Kota Denpasar. Jilid 3, Bilangan 12, 1- 15.

Crisdandi, P. (2015). Pengaruh Beban Pendukung dan Biaya Jual Terhadap Gaji Peternak Cengkih Di Kota Tirta Sari Tahun 2014. Buku Harian Pelatihan Keuangan Cabang (JJPE), 5(1), 1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/6397

Desy Veterinawati. (2013). Pengaruh Unsur Sosial, Individu dan Mental Terhadap Pilihan Beli Blackberry di Surabaya. Buku Harian Dewan Sains, Volume 1, Nomor 3, 1-22.

Dimas Aditya Pradana. (2014). Dampak Publikasi, Wawasan Nilai, Gambar Merek, dan Kepercayaan Merek pada Pilihan Beli Ponsel Sony Xperia Android, 1-20.

Durianto. (2008). Intrusi Pasar dengan Publikasi yang Berhasil. Gramedia Perpustakaan Dasar. Jakarta, 1-18.

Erlitna, KG, dan Soesanto, H. (2018). Investigasi Dampak Nilai, Kualitas Produk, dan Pertukaran Informal Positif pada Pilihan Beli dengan Gambar Merek sebagai Variabel Mediasi (Konsentrasi pada Klien iPhone di Tenaga Kerja Obat. Diponegoro Diary of The executives, 7(4), 1-15.

Fathony, HD, dan Basuki, RS (2020). Dampak gaya hidup dan nilai merek pada pilihan pembelian IPhone. Punch Diary of Business Applications, 2(1), 189-194.

Habib, MD, dan Sarwar, Mama (2021). Organisasi after-bargain, nilai merek, dan tujuan pembelian untuk membeli barang bekas. Rajagiri The executives Diary, Di depan p(Ahead-of Eprint). https://doi.org/10.1108/ramj-07-2020-003, 100-120.

Hardian Hangadhika. (2010). Pengujian Pengaruh Nilai Merek terhadap Pilihan Beli Pembeli pada Barang Portabel Merek Nokia di Semarang, 1-20.

Hendro, chardika R., dan Hidayat, W. (2018). Dampak Kualitas Barang, Biaya dan Gambar Merek pada Pilihan Pembelian Pelanggan. Buku Harian Sosial Politik Diponegoro, 1(1), 1-8.

Heriyati, P dan Septi. (2012). Pengujian Dampak Gambar Merek dan Kualitas Barang pada Pilihan Beli Pembeli pada Pelanggan Nexian. Jurnal Prosedur dan Pelaksanaan Bisnis, Volume 4, Nomor 2, 1-78.

Ihda La Aleiyya, dkk. (2014). Dampak Pengembangan Barang, Gambar Merek, dan Biaya pada Mac Ipad Tablet PC Pilihan Beli. Buku Harian Sosial Politik Diponegoro, Jilid 3, Nomor 2, 1- 25.

Jaya, UA, dan Sriningsih, W. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Biaya Terhadap Tujuan Pembelian Barang Hp Samsung Pada Mahasiswa Di Kota Sukabumi. Skyline, 1(2), 15-27.

Khosy Rizki Siregar. (2014). Pengaruh Brand Value terhadap Pilihan Beli Ponsel IPhone Pada Mahasiswa Bagian Perundang-undangan, Perguruan Tinggi Sumatera Utara 1117.

Kotler, P. (2001). Periklanan Papan: Investigasi, Pengaturan, Eksekusi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

Kotler. Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Standar Periklanan, Volume 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Path Keller. (2009). Papan Iklan, Rilis 13. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., dan Keller, KL (2010). Periklanan Papan (edisi ketiga belas). Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong Gary, 2012, Menampilkan Standar, Volume 1 Edisi 13, Erlangga, Jakarta.

Krypton, A. (2020). Dampak Hubungan Merek pada Pilihan Pembelian iPhone Pembeli (Investigasi kontekstual dari Ui Professional Training Project Understudies/I). Buku Harian Humaniora Terapan Sosial, 3(1), 36-44.

Melka Aranca. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kecerdasan Nilai, dan Kualitas Barang Terhadap Pilihan Beli Ponsel IPhone di Kota Yogyakarta, 1-34.

Moslehpour, M. (2014). Dampak Kualitas Seen Brand dan Saw Brand Esteem terhadap Probabilitas Beli iPhone dan Ponsel HTC di Taiwan. Penelitian dalam Bisnis dan Dewan, 1(1), 62-77. https://doi.org/10.5296/rbm.v1i1.4882

Mulyati, S., dan Jaya, UA (2020). Dampak Kualitas Barang dan Biaya pada Pilihan Beli HP iPhone. Buku Harian Musim Dingin, 1(1), 22-30.

Oyenuga, M., Ahungwa, A., dan Ono, E. (2021). Dampak Ekuitas Merek pada Perilaku Konsumen Di Antara Mahasiswa Universitas Veritas, Nigeria: Sebuah Studi tentang Smartphone Apple. Riset Promosi dan Branding, 8(1), 48-64.

R, DA, dan Fattah, A. (2017). Kehidupan Terhadap Keputusan Pembelian Samsung Galaxy S Series di Surabaya. Jurnal Manajemen Cabang, 3 (3), 165-179.

Rahendy, A. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Android Samsung. Jurnal Penelitian Sains dan Manajemen STIESIA Surabaya, 1-22.

Ratnasari Maria Dewi, dkk. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Sosial Politik Diponegoro, Jilid 3, Nomor 2, 1-25.

Reski Wijaya. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Kota Makassar, 1-80.

Santi, NWA, Haris, IA, dan Sujana, IN (2019). Pengaruh Harga Jual dan Volume Penjualan Terhadap Ud. Panggangan Jantan di Dusun Batumulapan Kabupaten Klungkung Tahun 2015-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 116. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20090

Saputra, Aswin. (2012). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Ponsel Merek Blackberry. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar, 1-130.

Satriani Adaming. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel IPhone (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar), 1-122.

Silaban, BE, dan Ardila, H. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Gaya Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Esensi, 20(2), 1-28.

Sitti Hamidah dan Desi Anita. (2014). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Samsung Berbasis Android. Jurnal Ekonomi, Volume 21, Nomor 4, 1-20.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Alphabeta. Bandung.

Sutarisno, A. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek IPhone Pada Universitas Maranatha Bandung. Bandung : Universitas Maranatha Bandung, 1- 15.

Telly. (2015). Tesis Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Apple: Survei Pengunjung Summarecon Mall Bekasi, 1-16.

Tjoa Chythia Aggraini Wijaya, (2013). Tema masyarakat Surabaya dalam menggunakan iPhone. Jurnal Komunikasi Elektronik, Volume 1, Nomor 1, 1-12.

Ummu Kalsum Rahim. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone Pada Mahasiswa Unismuh Makassar, 1-92.

Widiatmoko, G., dan Hadi, S. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Undip). Jurnal Administrasi Bisnis, 1- 10.https://media.neliti.com/media/distributions/190021-ID-influence-price-dan-image-brand- against.pdf

Yulia, Arizona, ND, dan Wong, V. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone IPhone XS Max di Indonesia. Jurnal Produktivitas, 7(1), 10-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145