Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Akuntansi

Dhea Clara Salshabella, Pujiati Pujiati, Fanni Rahmawati

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan kemudahan pada segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Guru sebagai pendidik dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang dapat menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar. Salah satu tingkatan dalam pendidikan adalah SMK. Di SMK siswa dididik untuk siap terjun ke dunia kerja. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif dalam jurusan Akuntansi. Handout berupa media pembelajaran interaktif dianggap perlu dikembangkan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ekploratif dengan subjek penelitian yaitu siswa jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Terbanggi Besar. Hasil observasi menunjukan bahwa materi pembelajaran Akuntansi masih berupa pdf dan buku pegangan/teks. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya media pembelajaran interaktif siswa menjadi lebih mudah dalam mengakses dan mengulang kembali materi pembelajaran di luar kegaitan belajar di sekolah.

Kata kunci: Akuntansi, Analisis Kebutuhan, Media Interaktif.

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.35-43


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145