PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG
Sari
This research is aimed at describing the study of writing drama text at the second grade of SMAN 1 Bandar Lampung in 2014/2015 academic year. It uses descriptive qualitative method. The results showed the teacher has conducted the learning activity in three phases, planning, implementing, and assessing. The planning is made by the teacher based on the lesson plan component in curriculum 2013. The implementing is done by the teacher and students which includes pre, whilst, and post activity. The assessing is done by the teacher which includes the assessment of attitude, knowledge, and psychomotor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dibuat guru berdasarkan komponen RPP pada kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dan siswa yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penilaian pembelajaran dilakukan guru di luar kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Kata kunci : menulis, pembelajaran, teks drama.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.