PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP

Heru Arip Rahman Hakim, Siti Samhati, Munaris Munaris

Sari


The purpose of this research was to describe the implementation of learning to write official letters. The method which was used was descriptive qualitative research.The result of the research showed that the teacher was done three steps of the implementation of learning to write official letters. On the observation result analysis of the implementation of teaching writing official letter, it included preliminary activities, such as learning to prepare the students to study and perform the activities of apperception. In the main activities of the learning process was in the form of mastering the learning, learning approach/strategy, learning source/media use, learning that trigger and maintain the students imvolvement, assesment process and learning outcomes and language. The post activities were in the form of reflection and make a summary by involving students and doing follow-up to provide direction activities or tasks as a remaind.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis suratdinas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas. Pada analisis hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas, meliputi kegiatan pendahuluan pembelajaran berupa mempersiapkan siswa untuk belajar danmelakukan kegiatan apersepsi.Dalam kegiatan inti pembelajaran berupa penguasaan materi pembelajaran, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, penilaian proses dan hasil belajar, dan pengguanaan bahasa. Dalam kegiatan penutup pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan melakukan refleksi dan membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, dan melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahankegiatan atau tugas sebagai remidial/pengayaan.

Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran menulis, surat dinas, tahapan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2013. Modul Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suparno dan Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.