TEMA DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL DI BAWAH LANGIT JAKARTA KARYA GUNTUR ALAM
Sari
This research discussed about theme and characterizations in the novel Di Bawah Langit Jakarta created by Guntur Alam and the learning in the Senior High School. The purpose of this research were to describe theme, character deciption technique, kind of characters, and the learning in the Senior High School. This research used qualitative descriptive method. Data source of this research was novel Di Bawah Langit Jakarta created by Guntur Alam. Based on the data analysis result, it was found two themes, those were major theme and minor theme. In describing the character in the novel, author used analytic technique and dramatic technique. Identifying learning theme and characterizations in the novel Di Bawah Langit Jakarta created by Guntur Alam can use cooperative learning model type STAD.
Penelitian ini membahas tema dan penokohan dalam novel Di Bawah Langit Jakarta karya Guntur Alam dan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tema, teknik pelukisan tokoh, jenis-jenis tokoh, dan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Di Bawah Langit Jakarta karya Guntur Alam. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan dua tema, yaitu tema mayor dan tema minor. Dalam menggambarkan watak-watak tokoh dalam novel, pengarang menggunakan teknik analitik dan teknik dramatik. Pembelajaran mengidentifikasi tema dan penokohan dalam novel Di Bawah Langit Jakartakarya Guntur Alam dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, penokohan, stad.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Esten, M. 2013. Sastra Indonesia dan Tradisional Subkultural. Bandung: Angkasa
Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, B. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. (Alih Bahasa Narulita Yusron) Bandung: Nusa Media.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.