NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAJI NGETENG DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR

Rendi Deswantoni, Kahfie Nazaruddin, Muhammad Fuad

Sari


This study is about the character education values in the novel titled Haji Ngeteng and its appropriateness as teaching material. The method used in this is descriptive qualitative. This study showed that in Haji Ngeteng, there are seventy data character education values as follows: thirteen data for religiousness, one data for honest, three data for tolerance, five data for discipline, seven data for hard work, four data for creativity, three dara for independence, four data for democracy, eight data for curiousity, four data for nasionalism, two data for credits to achievements, three data on communication skill, one data for pacifism, three data for reading enthusiasm, one data for environmental awareness, six data for social awareness, and two data for responsibility. The novel Haji Ngeteng is proved to be an appropriate teaching material.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Haji Ngeteng dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Haji Ngeteng terdapat nilai-nilai pendidikan karakter. sebanyak tujuh puluh data yang meliputi: religius sebanyak tiga belas data, jujur sebanyak satu data, toleransi sebanyak tiga data, disiplin sebanyak lima data, kerja keras sebanyak tujuh data, kreatif sebanyak empat data, mandiri sebanyak tiga data, demokratis sebanyak empat data, rasa ingin tahu sebanyak delapan data, semangat kebangsaan sebanyak empat data, menghargai prestasi sebanyak dua data, bersahabat/komunikatif sebanyak tiga data, cinta damai sebanyak satu data, gemar membaca sebanyak tiga data, peduli lingkungan sebanyak satu data, peduli sosial sebanyak enam data, dan tanggung jawab sebanyak dua data. Novel Haji Ngeteng layak untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar mata pelajaran.

Kata kunci: karakter, nilai-nilai, pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Kusumawijaya, Eko. 2012. Haji Ngeteng. Bogor: By Pass.

Moleong, Lexy.2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Gramedia.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan Implementasi dan Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmanto, Bernandus. 1992. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Zainudin. 1991. Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.