PEMBELAJARAN MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA

Ani Setiawati, Eka Sofia Agustina, Kahfie Nazaruddin

Sari


The aim of this research is to describe learning in understanding the structure and rule of anecdote text at SMAN 3 Metro in X IPA class. This research used descriptive qualitative method. The research result shows that teacher has done three steps in learning, consist of planning, implementing, and assessment. In the lesson plan (RPP), the teacher made lesson plan based on the curriculum 2013 components. The learning implementation has two activities, they are teacher's activity and student's activity. There are three activities is done by teacher, they are introduction activity, core activity, and clossing. Assessment that is done by teacher include knowledge competition assessment by written test technique, and skill competition assessment by practice test technique. But, during the learning process, the teacher did not do the attitude assessment.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami struktur dan kaidah teks anekdot pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 3 Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik. Tetapi, pada saat pembelajaran guru tidak melakukan penilaian sikap.

Kata kunci: anekdot, memahami, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nawawi, Hadari dan Martini, Mimi. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.