PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PIDATO SISWA KELAS XII SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Sari
The purpose of this research was to describe planning, implementation, and evaluation learning in reading text of speech of students in XII grade at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung school year 2013/2014. This research used the qualitative descriptive method. The results of this research showed that the learning activity which has been done by teacher marked with (1) learning planning was appropriate with the instrument, (2) learning implementation was appropriate with the instrument, and (3) learning evaluation was appropriate with the instrument. Learning activity started with production of lesson study by teacher. In activity implementation, the introduction, core, and closing activity have been done in the first meeting. Then, in the second meeting, students practiced for reading text of speech in front of the class. Teacher evaluated it by appreciating the reading text of speech students based on the evaluation instruments that have been made before.
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran membaca teks pidato pada siswa kelas XII di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ditandai dengan telah dilaksanakannya (1) perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan instrumen, (2) pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan instrumen, (3) evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan instrumen. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) oleh guru. Pada kegiatan pelaksanaan, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dilakukan pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua, dilakukan kegiatan praktik membaca teks pidato oleh tiap-tiap siswa di depan kelas. Guru mengevaluasinya dengan cara menilai pembacaan pidato oleh siswa dengan berpedoman pada instrumen evaluasi yang telah dibuat sebelumnya.
Kata kunci: membaca, pembelajaran, teks pidato.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandug: Refika Aditama.
Karomani. 2011. Keterampilan Berbicara 2. Tangerang: Matabaca Publishing.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Flores-NTT: Nusa Indah.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Usman, Husaini dkk. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.
Wetty, Ni Nyoman. 2004. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi dan Media Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.