PEMBELAJARAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPTIF (PANTUN) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 METRO
Sari
The problem of this research is writing study of descriptive response (poem) at the first year of SMP N 4 Metro.The aim of this research is to describe its learning. The research object is the activities occured in the learning process. This research method is qualitative descriptive by using technique of communication, observation, documentation, and triangulation in data collection.The results showed that the learning plan has been aligned with the 22 indicators from 25 existing indicators. Then for the implementation of learning, teacher and students have carried out 36 indicators of 40 existing indicators.The teacher assessment is to assess the process and assess the result. The conclusions of this research iswriting study of descriptive response (poem) at the first year of SMP N 4 Metro is good.
Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran menulis tanggapan deskriptif (pantun) siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Tujuan penelitiannya mendeskripsikan pembelajaran tersebut. Objek penelitiannya aktivitas yang ada dalam pembelajaran. Metode penelitiannya, deskriptif kualitatif denganmenggunakan teknikkomunikasi, observasi, dokumentasi, dan triangulasi dalam pengumpulan datanya.Hasil penelitian menunjukkan, perencanaan pembelajaran telah selaras dengan 22 indikator dari 25 indikator yang ada. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran, guru dan peserta didik telah melaksanakan 36 indikator dari 40 indikator yang ada. Penilaian guru yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menulis tanggapan deskriptif (pantun) siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro sudah baik.
Kata kunci: menulis, pantun, pembelajaran, siswa, tanggapan deskriptif.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.