PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTAGAJAH

Siti Sumarlin, Nurlaksana Eko Rusminto, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this research was to describe the learning of arranging observation result text at the seventh class of SMP Negeri 2 Kotagajah Central Lampung. The research used quantitative descriptive design. The result of the research showed that the teacher had done three steps in learning. Those three steps were: learning plan, implementation of learning and assessment of learning. In learning plan, the teacher made complete lesson plan based on the lesson plan’s components in 2013 curriculum. In the implementation of learning, there were two activities: teacher’s activities and students’ activities. The activities that were done by teacher including three activities: pre activities, while activity and post activity. The assessment that was done by teacher including attitude competence assessment by using observation technique, knowledge competence assessment by using oral and written test, and skill competence assessment by using practice test.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap berdasarkan komponen – komponen RPP pada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik.

Kata kunci: menyusun, pembelajaran, teks hasil observasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Akhaidah,dkk. 1996. Menulis. Bandung: Dikbud.

Mendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.