KEMAMPUAN MERANGKUM CERITA MELALUI AUDIO PADA SISWA KELAS X MAN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Sari
The purpose of this reseach was to describe the students ability in summarizing the story of Sangkuriang by audio. There are 5 terms of aspects include, the length of summary, the contents of the summary, diction, sentence effectiveness, and spelling. The method used in this research is descriptive method. The population in this research were students of class X MAN Pringsewu 2012/2013 with total 175 students. The sample in this research 20% of the total population there are 35 students. Data collecting techniques in this research is a test technique. Source of stories is Sangkuriang the folklore. The results of this study demonstrate the ability of students classified simply summarizes the everage value of 66,14. The results of the data aspect, a long summary 70,00%, the contents of the summary 62,86%, diction 62,14%, effectiveness of sentences 63,57%, and spilling 72,14%.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan merangkum cerita melalui audio. Ditinjau dari 5 aspek, yakni panjang rangkuman, isi ramgkuman, diksi, keefektifan kalimat, dan ejaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013 dengan total 175 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel 35 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Sumber cerita diambil dari cerita rakyat yakni Sangkuriang. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan merangkum cerita siswa tergolong cukup dengan nilai rata-rata 66,14. Hasil analisis data ditinjau dari masing-masing aspek, panjang rangkuman 70,00%, isi rangkuman 62,86%, diksi 62,14%, keefektifan kalimat 63,57% dan aspek ejaan 72,14%.
Kata kunci: audio, kemampuan, merangkum.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Jakata: Nusa Indah.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suparno,dan Muhammad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.