NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN LAMPUNG POST SEMESTER PERTAMA TAHUN 2013 DAN KELAYAKANNYA
Sari
The research problem is the values of character education short stories in Lampung Post first half of 2013 and its feasibility as teaching materials in high school literature. The study aimed to describe the value of character education short stories Lampung Post first half of 2013 and assess its feasibility as teaching materials in high school literature. Character education values contained in Lampung Post short stories first half of 2013 comes in a variety of ways. The values of twelve values scattered into fifteen short stories. There are visible through the words of the characters, the events in the story, there is implicitly present , and also through the actions of short stories. Value of character education short stories contained in Lampung Post in the first half of 2013 is suitable as alternative teaching materials used in high school literature.
Masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter cerpen Lampung Post semester pertama tahun 2013 dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter cerpen Lampung Post semester pertama tahun 2013 dan menilai kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada cerpen Lampung Post semester pertama tahun 2013 hadir dengan beragam cara. Nilai-nilai tersebut berjumlah dua belas nilai yang tersebar ke dalam lima belas cerpen. Ada yang tampak melalui perkataan tokoh, peristiwa dalam cerpen, ada yang hadir secara implisit, dan juga melalui perbuatan tokoh cerpen. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 layak dijadikan alternatif bahan ajar sastra di SMA.
Kata kunci: cerpen, nilai, pendidikan karakter.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Anggoro, M. Toha. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Jabrohim.2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono, S. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumardjo, Jacob & Saini. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.