PEMBELAJARAN MEMBACA TABEL SISWA SMPN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Sari
Reading table learning for the VII grade student of SMP Negeri 5 Bandar Lampung is the problem in this research. The objective of this research is describes reading table learning especially for the VII grade student of Junior High School of SMP Negeri 5 Bandar Lampung school year 2012/2013. The method used in this research is descriptive research method. Subject in this research is teacher and student. Based on the result of the research concluded that the lesson plan that teacher design has approached the suitability of eight criteria arrangement plan of implementation of the learning, such as learning implementation which consists of teacher activity in teaching and student activity in learning, student' learning result assessment or learning evaluation is done by the teacher with testing technique, that is written test to find information quickly from the table that is read.
Pembelajaran membaca tabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran membaca tabel khususnya siswa SMP kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang guru rancang sudah mendekati kesesuaian delapan kriteria penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, diantaranya yaitu pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam belajar, penilaian hasil belajar siswa atau evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru dengan teknik tes, yaitu tes tertulis dalam menemukan informasi secara cepat dari tabel yang dibaca.
Kata kunci: membaca, pembelajaran, tabel.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadirman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, H. G. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.