PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU DI KELAS VIII SMP NEGERI 02 KOTAGAJAH
Sari
The purpose of this research was to describe learning in writing instruction of doing something at the second grade of SMP Negeri 02 Kotagajah. The method that was used is descriptive qualitative method. The result of research shows that based on the formulation of lesson plan in writing instruction of doing something that was made by teachers, there were eight important components. The implementation of learning process included teacher’s activity and student’s activity.The evaluation in learning process that was done by teacher used technique of written test in form of essay.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu di kelas VIII SMP Negeri 02 Kotagajah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perumusan RPP menulis petunjuk melakukan sesuatu yang dibuat oleh guru terdapat delapan komponen penting. Proses pelaksanaan pembelajaran terbagi atas aktivitas guru dan aktivitas siswa. Evaluasi pembelajaran pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan teknik tes tertulis dalam bentuk uraian.
Kata kunci: evaluasi, pelaksanaan, perencanaan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2007. Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muslich, Mansur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Djago. 2003. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka.
Tarigan, Hendri Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.